Yayan, CKJ Temanggung Sukses Kelola Usaha di Tengah Pandemi

0
CKJ Yayan Tekuni Usaha Peralatan Rumah Tangga

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka mengimplementasikan Misi Komunitas Juang yaitu membentuk karakter, kompetensi, dan kapasitas serta untuk membangun kemandirian di bidang ekonomi, seorang Calon Kader Komunitas Juang Kabupaten Temanggung bernama Farhan Yudhitya Ramadhan mengaktualisasikannya dengan membuka usaha yang bergerak di peralatan rumah tangga. Usahanya ini didirikan Kelurahan Banyuurip, Kecamtan Temanggung.

Laki-laki yang kerap disapa Yayan ini mulai merintis bisnisnya sejak Mei 2020. Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tentu berimplikasi terhadap macetnya roda perekonomian. Oleh karenanya, yayan harus membuat skema yang sistematis serta strategis dalam rangka mengelola usahanya supaya terus berjalan.

Perkembangan teknologi menyajikan sebuah kemudahan yang bisa dioptimalisasi oleh masyarakat. Yayan memaksimalkan hal ini dalam rangka mengembangkan usahanya. Platform internet menjadi salah satu cara jitu untuk mengenalkan produknya ini kepada publik, tentu hal ini bisa menekan terhadap permintaan pasar. Dengan langkah ini, maka usahanya bisa terus berjalan meskipun tantangan yang dihadapinya cukup berat, yaitu menghadapi rendahnya mobilitas sosial masyarakat.

CKJ Yayan Tekuni Usaha Peralatan Rumah Tangga

Bagi Yayan, kreativitas dan inovasi menjadi poin utama yang mesti ditekankan bagi pemuda dalam mengelola usaha. Hal ini akan berelevansi terhadap keadaptifan sebuah usaha dalam menghadapi tantangan aktual. Pengoptimalan teknologi mutakhir menjadi langkah sederhana sekaligus sangat strategis untuk terus diimplementasikan dalam sebuah usaha yang dijalankan.

Meski masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, Yayan pada kenyataannya telah mampu membuktikan diri menjadi sosok pengusaha yang mampu membaca serta menganalisa kebutuhan sekaligus isu aktual dinamika pasar.

“Sebenarnya usaha ini sudah dijalankan orang tua saya dengan membuka gerai di pasar, tetapi mengingat pandemi belum juga berakhir serta adanya kebijakan serta regulasi pemerintah terkait PSBB, akhirnya saya berinisiatif untuk membuka usaha ini di rumah tentu dengan mengoptimalkan platform internet,” papar Yayan.

Baca Juga :   Sosialisasi 4 Pilar Anggota DPR RI Edy Wuryanto

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here