Wujud Respon DPC PDI Perjuangan Banjarnegara Merayakan Hari Lahir Pancasila

0
239

Kabupaten Banjarnegara – Bertempat di Kantor DPC PDI Perjuangan Banjarnegara, Ketua DPC mengadakan rapat bersama seluruh Anggota Fraksi dan Anggota DPC untuk membahas teknis perlombaan dalam rangka merayakan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020, Jumat (29/5/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk terus meningkatkan semangat juang dan membumikan Pancasila dalam seluruh gerak kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, kegiatan ini juga didasarkan untuk menindaklanjuti Surat DPP PDI Perjuangan Nomor 1386/IN/DPP/IV/2020. Sehingga diharapakan untuk tiap kader dapat menjiwai Spirit Bung Karno.

“Jangan dilihat lomba dan kompetisinya, tapi kita lihat bagaimana semangat para peserta menyuarakan Patriotisme dan Nasionalisme melalui lagu dan pidato. Mengingat Perjuangan Kemerdekaan Indonesia tidak hanya diperjuangkan dengan senjata, melainkan dengan kebudayaan, yaitu menyanyikan lagu dan membacakan pidato-pidato Bung Karno adalah salah satu ekspresi yang dapat meningkatkan cinta kepada Tanah Air Indonesia,” ujar H. Nuryanto selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Banjarnegara.

Sementara kriteria untuk lomba pidato adalah tentang Bung Karno dan Pancasila dengan durasi maksimal video 10 menit. Sedangkan untuk kriteria lomba menyanyi peserta harus memilih salah satu dari dua lagu yang disediakan panitia, yaitu Bung Karno Bapak Bangsa dengan versi Rodinda dan lagu Gemah Ripah Loh Jinawi.

Lomba ini diselenggarakan mulai tanggal 1 hingga 18 Juni 2020 dan pengumuman juara lomba akan dilakukan pada tanggal 21 Juni 2020.

“Acara lomba pidato dan menyanyi ini untuk membumikan ide, gagasan, pikiran dan cita-cita Bung Karno, sedangkan untuk peserta sendiri adalah dari kalangan pelajar dan umum. Lomba pidato dan menyanyi ini diadakan untuk mengenalkan sejak dini tentang Spirit Perjuangan Bung Karno. Karena Bung Karno adalah sosok pemimpin yang sudah cerdas sejak di sekolah, berjuang sejak muda, hingga berhasil memerdekakan bangsa,” tambah Ismawan Setya Handoko selaku Ketua DPRD Kab. Banjarnegara sekaligus Kader PDI Perjuangan.

Baca Juga :   Kader Komunitas Juang Kebumen Tekuni Usaha Angkringan

Koresponden: Crishna