Wakil Bupati Kebumen Dampingi Kunjungan Kerja Wamendes PDTT

0
Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih dampigi kunjungan kerja Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi

Kabupaten Kebumen – Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih mendapingi kunjungan kerja Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi di Kabupaten Kebumen.

Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih menyambut baik kedatangan Wamendes tersebut. Ia menaruh harapan hadirnya seorang wakil menteri akan membawa perubahan khususnya bagi desa-desa yang ada di Kebumen.

“Semoga dengan kunjungan kerja Wamendes ini bermanfaat bagi pembangunan, terutama peningkatan kemandirian desa di Kebumen menuju peningkatan kesejahteraan, kemandirian, berakhlak, bersama rakyat. Desa Maju Kebumen Maju,” ucapnya.

Menurut Wabup Rista, Pemerintah pusat melalui, Kementerian Desa, telah banyak memberikan kontribusi serta dukungan terhadap pemberdayaan masyarakat desa melalui adanya dana desa.

“Keberpihakan pemerintah pusat kepada desa-desa tercermin adanya dana desa. Bentuk dukungan ini sangat membantu keberlangsungan tata kelola pemerintahan desa untuk mengembangkan segala potensi yang ada,” jelas Rista, Kamis (16/9/2021).

Ia pun meminta kepada Pemerintah Desa di Kebumen untuk mengoptimalkan kembali kehadiran dana desa sehingga secara langsung dapat dinikmati serta membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

“Pemerintah Desa harus jeli mengelola dana desa supaya masyarakat juga bisa merasakan dengan output yang jelas juga terencana,” imbuhnya.

Kunjungan kerja Wamendes PDTT guna meninjau langsung potensi dan pemberdayaan masyarakat desa di sejumlah tempat.Dalam lawatannya itu, Budi Arie lebih dulu meninjau pelaksanaan vaksinasi sekaligus melihat secara langsung BumDes Karangsari berupa minimarket yang sudah berkembang cukup baik.

Budi Arie menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Kebumen yang sudah bagus melakukan pembinaan dan memberikan dorongan dalam pemberdayaan masyarakat desa, sehingga di Kebumen kini terbilang tidak ada lagi kategori desa tertinggal.

“Saya lihat pengelolaan dan pengembangan desa di Kebumen sudah cukup bagus. Hampir semua desa di Kebumen punya Bumdes untuk penggerak ekonomi masyarakat, sehingga Kebumen tidak ada lagi sebutan desa tertinggal,” ujar Budi Arie.

Baca Juga :   Jangan Lewatkan! Malam Penghargaan Karya Pemuda Indonesia

Usai dari Karangsari, Wakil Menteri bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Desa Grenggeng, Karanganyar guna melihat Bumdes Pasar Pereng Kali yang didesain seperti pasar tradisional seperti zaman kerajaan, dimana pasar ini alat transaksinya menggunakan Kopeng yang ditukar dengan rupiah.

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here