Tingkatkan Perekonomian Keluarga, KWT Cempaka Salamerta Berinovasi di Bidang Pertanian

0

Kabupaten Banjarnegara – Sekretaris PAC PDI Perjuangan Kecamatan Mandiraja, Jatiwiningsih, bersama 20 warga Desa Salamerta melakukan kegiatan inovasi di bidang pertanian, dengan memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan, serta meningkatkan perekonomian keluarga di masa Pandemi Covid-19. Selain itu, juga untuk memperluas cakrawala ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka, agar lebih memahami tentang ilmu pertanian, khususnya bidang holtikultura.

KWT Cempaka melakukan inovasi di bidang pertanian

Jatiwingsih bersyukur atas kekompakan dan kesolidan anggota KWT Cempaka dalam bekerjasama mengelola lahan yang ada, meskipun dengan keterbatasan modal dan lahan. Jatiwiningsih menambahkan, tanah pekarangan rumah ternyata dapat menghasilkan uang, apabila dikelola dengan professional. Terbukti, hasil panenan dari KWT Cempaka ada yang mau membeli. Sementara, sayuran yang dikembangkan diantaranya cabai, kangkung, kacang panjang, bayam, seledri, tomat, timun dan tanaman toga, seperti jahe, kunyit ada juga tanaman hias.

“Dalam meningkatkan soliditas anggota, maka setiap satu bulan sekali, ibu-ibu mengadakan pertemuan rutin PKK, untuk membahas kendala yang dihadapi, termasuk masalah pupuk. Selain itu, kualitas sayuran sesuai keinginan konsumen, KWT Cempaka mengembangkan pertanian organic, sehingga tidak menggunakan pupuk kimia,”  ujarnya.

Jatiwingsih mengungkapkan, KWT Cempaka juga melakukan sosialisasi tentang kesetaraan gender, karena kaum ibu-ibu juga diharapkan, dapat berperan aktif dalam mengambil keputusan. Sebab, ibu-ibu memiliki hak dan kedudukan yang sama dengan kaum pria.

“Dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan, kami juga bekerjasama dengan BPP tingkat kecamatan dan BPP tingkat desa, untuk memberikan pendampingan kepada KWT Cempaka. Bukan hanya itu, KWT Cempaka juga mendapatkan bantuan bibit sayuran dari BPP kecamatan. Selain itu, KWT Cempaka juga melibatkan Pemerintah Desa, untuk mengukuhkan melalui Surat Keputusan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Serap Aspirasi, Mbak Yuni Berjanji Kaji Lebih Dalam

Koresponden : Chrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here