Tanggulangi Bencana, Sumanto Fasilitasi Legalitas Relawan

0
Foto: Sumanto Serahkan Legalitas Relawan Penanggulangan Bencana

Kabupaten Karanganyar – Wilayah Karanganyar merupakan teritori dataran tinggi yang rawan akan bencana. Maka dari itu, perlu adanya peran serta organisasi masyarakat atau perkumpulan untuk membantu dalam hal penanggulangan bencana.

Perkumpulan Militan Peduli Lingkungan Kecamatan Jumapolo (MPLKJ) yang merupakan salah satu relawan yang aktif dan membantu masyarakat khususnya wilayah Jumapolo.

Foto: Sumanto Harap Relawan Dapat Berkontribusi Pada Mekanisme Penanggulangan Bencana

Menindaklanjuti peran relawan tersebut, Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah, H. Sumanto SH Fraksi PDI Perjuangan, memfasilitasi legalitas terhadap Perkumpulan Relawan tersebut. Dirinya menuturkan pentingnya legalitas adalah agar berkekuatan hukum karena dijamin oleh konstitusi di Indonesia.

“Legalitas itu penting, agar tercatat rapi dalam administrasi negara. Jadi ketika ada kasus-kasus penyalahgunaan perkumpulan, tidak sejalan dengan Pancasila, negara bisa tracking yang bertanggung jawab siapa,” ujar Sumanto yang merupakan Kader PDI Perjuangan tersebut, Rabu (2/2/2022)

Sumanto berpesan, dengan adanya legalitas ini, Relawan MPLKJ bisa aktif membantu masyarakat dengan percaya diri.

Sementara, Ketua MPLKJ, Dwi Heri Wibowo menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan dari ‘Pakdhe Manto’ yang sudah memfasilitasi legalitas dari perkumpulan relawan ini.

Koresponden : RS

Baca Juga :   Margono Perkuat Soliditas Pengurus Ranting Di Bulan Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here