Talkshow Akademik Hari Lahirnya Pancasila, Sebuah Momentum Ciptakan Generasi Ideologis

0
Foto: Talkshow Akademik Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung

Kabupaten Temanggung – Bertempat di Gedung DPRD Kab. Temanggung, Korps Komunitas Juang mendapatkan tempaan keilmuan dan pengetahuan dari jajaran Fraksi PDI Perjuangan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila ini juga mendatangkan narasumber akademik dari instansi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab. Temanggung, Selasa (01/06/2021).

Era Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0 merupakan tantangan besar yang harus dihadapi Bangsa Indonesia. Budaya kebaratan inilah yang pada dasarnya menjadi pemicu para kader Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung untuk menginisiasi talkshow ini.

Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Temanggung, Yunianto

Selaku narasumber dari Kesbangpol Kab. Temanggung, Sugiarto menuturkan, bahwa pemuda saat ini sudah dipastikan mempunyai tantangan yang cukup besar.

“Masa depan Bangsa dipengaruhi oleh pemudanya. Oleh karena itu, sosok pemuda harus mempunyai karakter yang baik. Pemuda juga harus berpedoman pada Pancasila, sehingga tidak terjadi krisis identitas serta mampu mewujudkan pemikiran dan tindakan yang inklusif dalam mengabdi kepada masyarakat,” papar Sugiarto.

Tidak hanya itu, Sugiarto juga menegaskan, pemuda saat ini harus mampu menerapkan local genius, sebuah kemampuan untuk menyaring nilai dan variabel baru dari era global terhadap budaya asli masyarakat. Ketika hal ini terealisasikan, tentunya cultural lag dan cultural shock dapat diminimalisir terjadi di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengingat penting dan strategisnya pemuda dalam pembangunan Bangsa, Yunianto juga mengharapkan Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung dapat berproses dan berprogres dengan maksimal. Bagaimanapun juga, pemudalah yang nantinya akan memegang estafet kepemimpinan negeri.

Foto: Talkshow Akademik Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung

Sebagai anak ideologis dari Bung Karno, Yunianto berharap jika nantinya akan tumbuh banyak tunas Bangsa dari Korps Komunitas Juang yang mempunyai Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas. Bekal tersebut tentunya akan memberikan kontribusi optimal dalam rangka membangun setiap sendi kehidupan secara progresif dan harmonis.

Baca Juga :   Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga Bagikan 600 Paket Sembako

“Komunitas Juang adalah wadah bagi pemuda yang mempunyai dasar pedoman Pancasila serta gagasan Soekarnois. Dua hal ini adalah modal untuk memaknai gerak perjuangan, khususnya dalam mengabdi kepada rakyat Marhaen. Melalui momentum Hari Lahirnya Pancasila yang terkonfigurasikan dengan talkshow, kami harapkan Korps Komunitas Juang dapat melihat dan memaknai Pancasila sebagai dasar negara dari perspektif akademik dan scientific.

Koresponden : Enggar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here