Sunarna Selenggarakan BimTek Tentang Tanaman Porang di Cilacap

0
Foto: Bimbingan Teknis (BimTek) mengenai budidaya, pengolahan, dan pemasaran Porang yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Hotel Atrium Premier Cilacap

Kabupaten Cilacap – H. Sunarna, anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan mengadakan Bimbingan Teknis (BimTek) mengenai budidaya, pengolahan, dan pemasaran Porang yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Hotel Atrium Premier Cilacap, Jumat (9/4/2021).

Kegiatan yang digelar secara virtual ini dihadiri oleh Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang Ir. Heriyanto, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kab. Cilacap Ir. Toendan Iriani, Instruktur dan Praktisi Agribisnis Porang Muhajir, serta segenap para petani Kab. Cilacap.

Ir. Toendan Iriani mengungkapkan, bahwa kegiatan ini begitu penting bagi para petani di Cilacap yang ingin mengembangkan atau memulai budidaya Porang.

Foto: Bimbingan Teknis (BimTek) mengenai budidaya, pengolahan, dan pemasaran Porang yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Hotel Atrium Premier Cilacap

“Kami dari Dinas Pertanian mengucapkan terima kasih kepada Pak H. Sunarna atas penyelenggaraan pelatihan ini. Kami berharap para petani di Cilacap bisa mengembangkan budidaya Porang dengan baik,” jelas Ir. Toendan.

Dalam kegiatan ini, Sunarna menjelaskan tentang tanaman Porang yang mana saat ini sedang booming. Sunarna pun menginginkan para petani di Cilacap, terutama petani milenial bisa membudidayakan tanaman Porang dengan baik serta mempelajari pangsa pasarnya.

“Mau menanam Porang, terlebih dahulu harus tahu jenisnya yang akan ditanam, pelajari proses penanaman yang baik. Selain itu pelajari juga pemasarannya, sehingga ini nanti bisa menjadi sumber ekonomi para petani,” terang Sunarna.

Muhajir menambahkan, pada kesempatan ini sudah seharusnya agar para petani di Cilacap bisa mengoptimalkan apa yang sedang dipelajari saat ini. Muhajir tidak ingin setelah pelatihan ini, para petani tidak mengerti apa yang harus dikerjakan.

“Saya hadir di sini untuk membantu bapak/ibu dalam menanam Porang yang baik. Sehingga tanaman tersebut bisa menjadi unggulan di pasaran,” tutup Muhajir.

Baca Juga :   Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Mbak Puan Bacakan Ikrar

Koresponden: Arsend

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here