Hamenang Wajar Ismoyo Hadiri Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2018

0

Kabupaten Klaten – Ketua DPRD Kab. Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, S.I.Kom, bersama beberapa Anggota DPRD Kab. Klaten, menghadiri sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 Tahun 2018 tentang pendirian dan pengelolaan BUMDes dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tentang kerjasama desa. Forum sosialisasi Perda tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kab. Klaten, Kamis, (8/4/2021).

Hamenang Wajar Ismoyo menghadiri acara sosialisasi Perda No. 1 Tahun 2018 tentang pendirian dan pengelolaan BUMDes dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tentang kerjasama desa

Acara dengan narasumber Hamenang Wajar Ismoyo, S.I.Kom, diikuti oleh para Direktur BUMDes se-Kab. Klaten. Kegiatan tersebut digelar secara tatap muka dan sebagian mengikuti acara secara virtual. Sebab, harus menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Rangkaian kegiatan sosialisasi Perda, yang dihadiri oleh Hamenang Wajar Ismoyo

Hamenang Wajar Ismoyo, S.I.Kom mengatakan, terkait dengan pentingnya desa, untuk segera mengenali potensi desa yang kemudian bisa dibuat menjadi masterplan, yang kemudian dieksekusi menjadi unit usaha di BUMDes masing-masing. Hamenang menambahkan, setiap desa pasti memiliki potensi, karena hal ini tidak hanya berupa sumber daya alam, yang dimanfaatkan sebagai obyek wisata saja, melainkan dapat dimanfaatkan dalam banyak hal. Selain potensi alam, terdapat juga UMKM, potensi kerajinan, serta sosial budaya yang menarik sehingga. Dengan demikian, dapat dijadikan sebagai desa wisata.

“Bagi yang kesulitan mencari potensi, bisa melakukan kerjasama dengan konsultan, agar dicarikan potensi desanya, kemudian dibuatkan masterplan unit usaha. Kemudian kegiatannya dapat dieksekusi oleh BUMDes,” tutur Hamenang Wajar Ismoyo, yang juga Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Politik DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten.

Hamenang berharap, nantinya BUMDes akan menjadi kekuatan luar biasa bagi desa. Sebab, penyangga ekonomi daerah nantinya, justru dari desa-desa. Berkembang tidaknya sebuah desa, serta sukses tidaknya sebuah desa akan bergantung pada kreativitas warganya sendiri dalam hal menggali, serta memaksimalkan potensi desa yang ada.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Grobogan Ikuti Rakorbid Nasional Gabungan

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here