Sunarna Ajak Petani Ikan Cilacap Produksi Pakan Ikan Mandiri

0

Kabupaten Cilacap – Kualitas Ikan yang baik tentunya tidak jauh dari pakan yang berkualitas. Seperti halnya itu, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, H. Sunarna, S.E., M.Hum bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia mengadakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan berbahan baku lokal di Resto Hj. Nanik, Kecamatan Majenang. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Dr. Lilly Aprilya Pregiwati, S.Pi., M.Si, Kasie Produksi Perikanan Budidaya, Dinas Perikanan Kab. Cilacap, Fritsony Ariefianto, S.Pi., Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal, Mochammad Muchlisin, A.Pi,. M.P, Selasa-Rabu (2-3/8/2022).

Fritsony Ariefianto mengungkapkan, Petani Ikan atau peternak Ikan bisa memproduksi pakan Ikan sendiri dengan memanfaatkan bahan baku lokal yang ada di sekitarnya, seperti contohnya tepung terigu. Manfaatkan bahan baku lokal sebagai pakan Ikan sangat besar keuntungannya, sehingga bisa mengurangi pengeluaran bagi pembudidaya Ikan.

Praktek pembuatan pakan Ikan di Kecamatan Majenang oleh H. Sunarna.

“Di dalam pelatihan ini, nanti bapak/ibu bisa mempraktekan cara-cara mengolah pakan Ikan dari bahan baku lokal,” tuturnya.

Sementara itu, H. Sunarna menjelaskan, manfaat dan keunggulan pakan ikan dari bahan baku lokal. Pemanfaatan bahan baku lokal yang dilakukan secara mandiri harus memperhatikan ketersediaan bahan baku yang banyak tersedia di suatu daerah, agar bahan baku yang dibutuhkan terpenuhi.

“Selain kita tidak mengeluarkan biaya yang besar, ketersediaan pakan Ikan akan tetap terjaga, karena kita sudah menyiapkannya hasil dari olahan bahan baku lokal yang ada. Seperti contohnya, bisa diolah menggunakan tepung terigu, tepung jagung, ampas tahu, dan masih banyak lainnya,” jelasnya.

Lilly Aprilya Pregiwati mengatakan, sebagai petani Ikan perlu tahu mengenai bahan baku yang akan digunakan untuk mengolah atau membuat pakan Ikan sendiri. Jangan sampai salah dalam pengolahannya, sehingga membuat Ikan tidak baik budidayanya. Nilai gizi, maupun kandungan dalam bahan baku juga sangat penting, dan harus diperhatikan.

Baca Juga :   HUT Partai Ke-49, DPC Wonogiri Gelar Upacara Bendera

Koresponden : Arsend

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here