Sri Ruwiyati Gelar Sosialisasi Peran Perempuan Dalam Pengambilan Keputusan di Banjarnegara

0

Kabupaten Banjarnegara – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., menuelenggarakan sosialisasi “Peran Perempuan Dalam Pengambilan Keputusan”. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Marhaen DPC PDI Perjuangan Banjarnegara, diikuti oleh 50 Kader perempuan Banjarnegara, Kamis, (22/4/2021).

Foto : Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati

Sosialisasi yang digelar secara secara maraton tersebut, dilaksanakan di tiga Kab., yaitu, Magelang, Wonosobo dan Banjarnegara. Hadir sebagai pembicara adalah Hj. Sri Ruwiyati, S.E., M.M., dan Hj. Endraningsih Yunita, SP, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Akhmad Fadlun SY, Anggota Fraksi PKB, Asteria Dewi Rusrinawati, S.PSi, M.Pd, Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan dan Anak, DP3AP2KB Provinsi Jateng, serta Wakil Ketua Bidang Kenggotaan dan Organisasi DPC PDI Perjuangan Kab. Banjarnegara, Wahju Djatmika, AL BS, S.E. Kegiatan tersebut dihadiri pula Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Wanayasa, Hj. Sri Haryati.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Sri Ruwiyati mengajak kepada Kader perempuan Banjarnegara, untuk memahami kesetaraan gender pada era modern seperti sekarang ini. Saat bicara emansipasi wanita, maka harus meniru perjuangan dan semangat yang dibangun oleh RA Kartini.
Sebab, R.A Kartini yang telah mewarisi semangat dan tekad yang begitu
besar, sehingga dapat menginspirasi, serta menghasilkan tokoh-tokoh perempuan yang berani.

“Saat ini perjuangan R.A Kartini menjadikan perempuan Indonesia banyak yang menduduki jabatan penting, baik di eksekutif, maupun legislatif. Sesuai kodratnya, kaum perempuan memiliki tugas yang melekat. Namun, saat Pemerintah sudah memberikan peluang melalui undang-undang, maka kaum perempuan harus mempersiapkan diri,” tuturnya.

Hj. Sri Ruwiyati menambahkan, seorang perempuan harus memiliki kapasitas dan kapabilitas, sehingga ketika menjadi wakil rakyat, maupun pemimpin, dapat melaksanakan tugasnya secara profesional. Hj. Sri Ruwiyati mengaku, tidak mudah dalam menggunggah
kaum perempuan untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan, maupun kemajuan di daerah.

Baca Juga :   Slamet : Usut Tuntas Oknum Pembakar dan Aktor Intelektual Pada Insiden Pembakaran Bendera Partai
Rangkaian kegiatan sosialisasi Peran Perempuan Dalam Pengambilan Keputusan

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan dan Anak
DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah, Asteria Dewi Rusrinawati, S.PSi, M.Pd menjelaskan, bahwa peran perempuan dalam kepemimpinan saat ini
semakin terlihat. Terbukti, sudah banyak kaum perempuan yang mampu menjadi pemimpin, maupun menjadi pejabat. Asteria juga berpesan kepada kaum perempuan, harus berani menyampaikan pendapatnya didepan forum. Dengan peran perempuan akan semakin nyata dan diperhitungkan, seperti yang telah disampaikan oleh Hj. Sri Ruwiyati.

Koresponden : Chrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here