Sosialisasi Seni Budaya, Samirun: Kaum Milenial Wajib Lestarikan Budaya Kita

0

Kabupaten Cilacap – Kesenian tradisional merupakan aset budaya bangsa yang perlu dilestarikan dan dijaga dengan baik. Dalam hal ini, salah satu caranya adalah melalui sosialisasi yang digelar oleh Anggora Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah, H. Samirun, S.H,. M.H, yang bertema,”Kebijakan Melalui Media Tradisional, Bangkitkan Semangat Berkarya Dalam Pelestarian Seni Budaya”. Giat tersebut dilaksanakan di Gedung Griya Patra, Kecamatan Cilacap Utara, Sabtu (21/1/2023).

Agenda tersebut dihadiri oleh Subkor Pembinaan Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Cilacap, Ansor B. Balasik, S.Sos dan segenap undangan masyarakat. Membuka sambutan, Samirun menyebutkan, bahwa kesenian merupakan aset penting bangsa yang harus dilestarikan dan dijaga dengan baik.

Sosialisasi yang bertema,”Kebijakan Melalui Media Tradisional, Bangkitkan Semangat Berkarya Dalam Pelestarian Seni Budaya”.

“Sekarang, banyak kaum milenial yang melek teknologi, terutama aktif di media sosial. Maka, saya berharap, kaum milenial ini mau memperkenalkan kesenian budaya kita kepada negara lain melalui media sosial mereka,” ungkapnya.

Ditambahkan Samirun, kesenian tradisional Bangsa Indonesia sudah banyak yang mempelajari dari bangsa lain. Hal ini bagus untuk mengenalkan budaya bangsa kepada negara-negara lain.

“Hal yang penting, kita harus menjaga kesenian budaya kita, jangan sampai sudah dipelajari bangsa lain, lalu diklaim oleh mereka. Indonesia itu kaya akan budaya, kita wajib bangga,” imbuhnya.

Sementara itu, Ansor B. Balasik mengutarakan, anak muda jaman sekarang cenderung menyukai budaya bangsa lain, serta menyukai kesenian bangsa lain. Hal itu tidak masalah, asalkan mereka juga menyukai kesenian daerahnya sendiri, dan mau melestarikannya.

“Karena bagaimanapun juga, para pemuda itulah yang nantinya akan menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Koresponden : Arsend

Baca Juga :   Bambang Krebo: Tanpa Adanya Sanksi Konkret, Jateng di Rumah Saja Tidaklah Efektif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here