Siswanto: Pentingnya Penguatan Ideologi Pancasila Bagi Kaum Muda

0
202

Kabupaten Grobogan – Agus Siswanto selaku Sekretaris DPC PDI Perjuangan Grobogan sekaligus Ketua DPRD Kab. Grobogan menjadi salah satu pemateri Webinar yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Grobogan. Diskusi ini memiliki tema Penguatan Idiologi Pancasila Pada Generasi Muda, Minggu (12/7/2020).

Selain dirinya terdapat dua pemateri lainnya yaitu Letkof, Inf. Asman Mogokinta selaku Dandim 0717 Purwodadi, dan Ir. H. Jati Purnomo, M.Si., selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Grobogan.

Webinar tersebut diikuti oleh Ormas Kepemudaan, Pimpinan Cabang Kepemudaan Muhammadiyah, Ketua Osis SMA, SMK, MA, Ketua IPM SMA/SMK Muhammadiyah, dan Pradana Pramuka SMA, SMK, MA se-Grobogan.

Tujuan diadakannya Webinar tersebut agar pemuda mengetahui arti penting dasar negara dalam menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta generasi muda memahami proses Pancasila menjadi dasar negara secara historis, filosofis dan sosiologis. Untuk kemudian yang terakhir adalah membentuk generasi muda agar mampu mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Agus Siswanto menyampaikan dalam Webinar tersebut, bahwa pentingnya bagi kaum muda untuk memahami subtansi yang terkandung di dalam butir-butir Pancasila. Kemudian, selain subtansi, kaum muda juga harus bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila, nilai-nilai luhur Pancasila harus selalu mewarnai kehidupan kita.

“Kemajuan teknologi yang tentunya anak-anak muda sekarang sangat melek, yang terpenting kemajuan itu jangan sampai melunturkan nilai luhur Pancasila kita, ini hal-hal yang kelihatannya ringan, tapi apabila anak-anak muda sekarang bisa melakukan, maka dampaknya sangat besar bagi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Koresponden: Nanang Ardhyansa

Baca Juga :   Pilkada 2020, PDI Perjuangan Akan Umumkan Paslon Gelombang III