Kader Komunitas Juang Kabupaten Tegal Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Ternak Bebek dan Entog

0
224

Kabupaten Tegal – Ternak Bebek dan Entog telah cukup lama di geluti oleh Asisten Mentor Juang dari Kab. Tegal, yakni AMJ Arif. Pemuda asli dari Desa Kalimati, Kec. Adiwerna, Kab. Tegal ini memanfaatkan lahan kosong pinggiran sungai Kali Gung yang bertepatan dengan rumah tinggalnya.

Lahan kosong tersebut telah dimanfaatkan Arif kurang lebih 3 tahun terakhir, kecintaan dalam dunia unggas sejak kecil inilah yang akhirnya menjadikan Arif menggeluti usaha mikro pada bidang ternak hewan unggas ini.

Pada tiap minggu, usaha ternak ini sedikitnya dapat menjual satu hingga dua ekor, serta seringkali ada pembeli yang mengambil kandangnya, namun dengan turut membeli anakan bebek yang berusia 3-4 bulan.

Arif turut menyampaikan, untuk hari-hari normal dirinya dapat menjual unggas yang dia miliki pada taraf rendah, dikarenakan unggas yang usia dewasa sudah terjual laku pada saat Idul Fitri. Faktor pakan juga menentukan usia pertumbuhan dalam unggas yang dimilikinya, kemudian untuk pemesanan yang marak adalah ketika momen Idul Fitri, Peringatan 17 Agustus dan hari besar lainnya.

Dengan adanya pangsa pasar atas kebutuhan konsumsi unggas yang cukup tinggi, Arif turut melakukan penggencaran promosi melalui media online. Dirinya juga berkeinginan untuk dapat menjadi pemasok hewan unggas kepada tiap pelaku usaha. Meski demikian, dirinya menyadari bahwa modal merupakan permasalahan utama dan berharap kedepan dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Ternak bebek yang dijalankan oleh Arif membuahkan respon positif dari Wakil Sekretaris Internal DPC PDI Perjuangan Kab Tegal, yakni Hj. Erni, Amd.

ā€Inovasi dan kreativitas dalam berwirausaha sangat diperlukan, selain menjadi peternak di usahakan dapat melihat peluang usaha lain yang dapat dikembangkan dalam berwirausaha, baik pada bidang kuliner ataupun lainnya. Saya mewakili teman-teman Struktural Partai lainnya berpesan bahwa tetap semangat dalam meraih kesuksesan wirausaha, walaupun berada ditengah pandemi Covid-19 pada saat sekarang,ā€ tutur Erni.

Baca Juga :   Pelantikan PAW Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kebumen

Koresponden : Eko wiyono