Simulasi Bencana, Ngesti Tekankan Pentingnya Mitigasi Bencana

0
Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang, Ngesti Nugraha berikan arahan terkait simulasi penanggulangan bencana

Kabupaten Semarang – Jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang bersama kader dan organisasi sayap Partai menggelar Simulasi Penanganan Bencana di Lereng Bukit Tegal Lepek, Dusun Muneng, Kel. Sidomulyo, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Rabu (26/5/2021).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang, H. Ngesti Nugraha mengatakan, kegiatan diadakan merupakan stimulan menindaklanjuti instruksi DPP PDI Perjuangan untuk meminta seluruh DPD, DPC, pimpinan DPRD Provinsi dan kabupaten/ota, serta Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah dari kader PDI Perjuangan mengadakan simulasi Penanganan Bencana secara serentak di seluruh Indonesia.

Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang, Ngesti Nugraha terlihat memperlihatkan praktek evakuasi korban tertimbun longsor

“Instruksi dilakukan kegiatan secara serentak hari ini di seluruh Indonesia sesuai perintah harian Ketua Umum DPP PDI Perjuangan. Untuk di Kab. Semarang sendiri kita melakukan simulasi penanganan bencana alam tanah longsor,” ujar Ngesti Nugraha yang juga Bupati Semarang seusai kegiatan, kemarin.

Simulasi diadakan melibatkan BPBD Kab. Semarang, DPC PDI Perjuangan dan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Semarang, Baguna, serta relawan tanggap bencana, PMI, dan masyarakat umum.

Turut hadir dalam kegiatan adalah Sekretaris DPC PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Kab. Semarang Bondan Marutohening, Kepala Harian Pelaksana BPBD Heru Subroto, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Pujo Pramujito bersama anggota Fraksi Agus Budiono, Hadi Wuryanto, M Gunawan Tri Rahmadi, Bayu Himawan Ramantika, Wisnu Wahyudi, Ari Dwi Setyanto, The Hok Hiong, dan Rizka Dwi Prasetyo.

“Melalui kegiatan ini kita mengajak semua masyarakat Kab. Semarang melakukan langkah antisipasi bencana alam di lingkungannya. Semua bergotong-royong dan selalu waspada terhadap bencana alam. Sehingga melakukan mitigasi bencana adalah pokok utama yang harus kita perhatikan,” jelasnya.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Klaten Peringati HUT Partai dengan Penghijauan

Ngesti Nugraha mengingatkan, karena saat ini telah memasuki musim kemarau, jadi di wilayah Kab. Semarang rawan terjadi bencana kekeringan dan bencana kebakaran. Masyarakat diminta tanggap bencana dan segera melapor ke petugas terkait, yakni BPBD untuk mendapatkan bantuan pertolongan secepatnya.

Pantauan dalam simulasi terlihat Ngesti Nugraha bersama pengurus DPC turun langsung memberikan edukasi pertolongan kepada para korban tanah longsor. Di tengah hujan deras (air semprotan mobil Damkar) berbasah-basah dan berkubang lumpur saat berusaha menyelamatkan seorang survivor yang tertimbun tanah dan tertimpa pohon.

“Tadi dalam simulasi kita mengevakuasi 1 korban meninggal tertimbun longsoran tanah. Juga menolong korban yang sedang hamil. Kita laksanakan mulai dari pelaporan warga adanya bencana, evakuasi hingga penanganan para korban,” pungkasnya.

Koresponden : Heru P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here