Serap Aspirasi, Sunarna Beri Bantuan Program Pengembangan Sosial Nusantara

0

Kabupaten Banyumas – Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kab. Banyumas, terletak di kaki Gunung Slamet, merupakan alam perbukitan yang cantik dengan jejeran pohon pinus, hutan rimbun, hamparan sawah lengkap dengan air yang melimpah, membuat siapa saja yang memandang, menjadi ingat akan karunia Tuhan. Maka dari itu, tidak heran jika masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut banyak menggantungkan hidup dengan alam sekitar yang masih asri.

Namun, keasrian alam yang berada di Dusun Kalipadu, Desa Ketenger, bukan berarti bebas dari ancaman pengerusakan kelestarian alam, serta hilangnya aktivitas kearifan lokal masyarakat yang sejak lama lekat dengan alam, selalu menghantui daerah ini.

Masyarakat di daerah tersebut berusaha memelihara lingkungan alam sekitar, di bawah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), serta kelompok masyarakat lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan menjaga kearifan lokal masyarakat desa hutan ini. Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat menjawab aspirasi masyarakat dengan memberikan bantuan berupa Program Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial (Bang Pesona), serta Kebun Bibit Rakyat.

“Wisata ini kami kelola secara swadaya yang dibantu oleh Perhutani. Saya berharap, dengan adanya bantuan ini nantinya agar hutan tetap lestari dan masyarakatnya hidup sejahtera,” tutur Purnomo, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gempita, Desa Ketenger.

Purnomo menambahkan, program bantuan tersebut diserahkan pada acara seremonial, pada hari Minggu (26/7/2020). Serahterima tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Banyumas, Drs. H. Sadewo Tri Lastiono, Ketua DPRD Kab. Banyumas yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Banyumas, dr. Budhi Setiawan, Camat Baturraden, Budi Nugroho, S.STP, M.Si, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Sunarna, S.E., M.Hum, serta jajaran pejabat lainnya. Program bantuan tersebut senilai Rp. 750 juta yang terdiri dari, Bang Pesona berupa dana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kebun bibit rakyat, dibagi dalam 15 kelompok masyarakat.

Baca Juga :   Dion Agasi: Jangan Sampai Dunia Pendidikan Kita Tercoreng Kasus Korupsi

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Sunarna, S.E., yang didampingi oleh Ketua DPRD Kab. Banyumas, Wakil Bupati Banyumas, serta Camat Baturraden, kepada perwakilan kelompok masyarakat.

“Bantuan ini berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk konservasi dan pengembangan wisata. Program Bang Pesona ini bisa untuk tanaman yang sekaligus untuk peternakan. Sebagai contoh adalah lebah madu. Sedangkan, kebun bibit rakyat adalah untuk tanaman mulai dari penyemaian sampai dengan tanaman itu tumbuh. Kebun bibit rakyat tersebut untuk kelompok masyarakat sekitar, untuk reboisasi ataupun penghijauan,” tutup Sunarna, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Koresponden: Egar