Sadewo Minta Tim Siaga Bencana Terus Pantau Kondisi Terkini

0

Kabupaten Banyumas – Sinergitas antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, serta relawan selama ini sudah terjalin baik. Setiap ada bencana, dari masyarakat bantuan juga terus mengalir, bahkan kadang sampai berlebihan. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, usai memantau kesiap-siagaan peralatan, pada apel gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan bencana tahun 2022 Kab. Banyumas, di lapangan Makodim 0701 Banyumas, Rabu (21/9/2022).

“Saya minta kepada BPBD, kalau bisa, bantaun-bantuan masyarakat itu dipool di satu tempat, sehingga nanti di lokasi jika ada bantuan yang berlebih kadang masyarakat yang membantu ingin menyerahkan ke lokasi, namun tidak tahu situasi yang kurang apa. Kejadian tahun-tahun lalu seperti itu,” ungkapnya.

Sadewo, yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Kab. Banyumas mengakui, soal kekurangan peralatan, sarana prasarana, Pemkab sudah mengajukan permohonan bantuan peralatan ke BNPB, yang memang dijanjikan tahun 2023. Pihaknya berharap, semoga bisa terealisir, kondisi keuangan juga semoga sudah baik. Dalam hal ini, pihaknya mengajukan eksafator yang kecil dan perahu.

Foto: Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono.

“Tadi ada usulan. kalau bisa perahu yang aluminium, namun kita mohon bantuan ya kita bisa menentukan. Sebab, pengadannya ada di BNPB, nanti kita sonding lagi ke sana. Kalau kita minta bantuan, kalau kita tidak ngotot ke sana bisa terlupakan” imbuhnya.

Sadewo juga mengatakan, mendindaklanjuti informasi dari BMKG Semarang, prakiraan cuaca curah hujan untuk Kab. Banyumas, mencapai angka 302 sampai 400 meter, yang berpotensi pada pergerakan tanah pada level menengah dan tinggi.

“Saya berharap, kepada tim siaga bencana untuk terus memantau kondisi terkini, serta menyebarkan informasi peringatan langkah-langkah antisipasi bencana. Selain itu, diharapkan, terus melakukan koordinasi dengan stakeholders dalam mobolisasi, tim siaga bencana dan sumber daya. Seluruh tahapan di atas harus dilaksanakan secara disiplin dan konsiten, dengan penuh komitmen dan tangung jawab,” tegasnya.

Baca Juga :   Slamet Rembug Bareng Aliansi Buruh Imbas Kenaikan BBM

Menurutnya, hal ini sangat penting untuk diterapkan, karena bencana alam datangnya secara tiba-tiba. Bahkan, terkadang muncul bencana yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Apel gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan bencana tahun 2022 Kab. Banyumas tersebut diikuti oleh BPBD, TNI, Polri, Pol PP, serta relawan kebencanaan dari berbagai organisasi.

Koresponden : Karsim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here