Rober Christanto Upayakan UMKM di Karanganyar Naik Kelas

0

Kabupaten Karanganyar – Mengunjungi Desa Krendo Wahono, Kecamatan Gondangrejo, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, S.E., dorong para pelaku UMKM, agar bisa naik kelas menghadapi persaingan global berbasis digital. Dalam kesempatan tersebut, Rober menekankan, siap membantu asistensi teknis bagi pelaku UMKM tradisional, agar bisa bersaing secara online.

Dalam kunjungannya, pihaknya juga meminta kepada para pelaku UMKM harus berkelompok membentuk koperasi berbadan hukum guna meningkatkan bargaining penjualan di tengah persaingan.

“Potensi UMKM di Gondangrejo sangat tinggi. Terlebih, secara demografi , Gondangrejo berada alternatif kota kecamatan perkotaan dekat dengan Gemolong, interkoneksi ke Boyolali, Sragen dan Solo, sehingga kami mendorong untuk segera berbenah, agar naik kelas penjualannya,” ungkapnya.

Rober yang juga Kader PDI Perjuangan Karanganyar menambahkan, berdasarkan kondisi potensi tersebut, pihaknya meminta Dinas Perdagangan Perindustrian Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop dan UMKM) Karanganyar, untuk segera memberikan asistensi pelatihan kepada pelaku UMKM Gondangrejo, agar bisa berhasil fight dalam persaingan.

Tidak hanya itu, Rober juga mencontohkan, potret pelaku UMKM di Kecamatan Jatiyoso yang meskipun daerahnya pedesaan, namun inovasinya luar biasa, yaitu, pelaku UMKM bermain secara online. Selain itu,  banyak koperasi pada UMKM, karena syaratnya mudah yaitu, cukup sembilan orang saja bisa membentuk wadah koperasi.

“Dengan dibentuk koperasi, tentu beda kiprahnya, karena mereka terkordinir, sehingga mudah untuk bekerjasama dengan pihak ketiga, dengan menjalin kontrak komoditi sayuran atau komoditi yang laku dari Jatiyoso. Kami berharap, UMKM di Gondangrejo bisa seperti itu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rober juga meminta peran Desa dan Kecamatan terus mendorong pelaku UMKM. Setidaknya, setiap ada acara apapun melibatkan UMKM, dengan membuka stand, agar dagangannya laku. Sedangkan secara makro,  UMKM Gondangrejo bisa dikenalkan keluar untuk mengikuti pameran, agar dikenal produknya.

Baca Juga :   Optimalisasi Misi Komunitas Juang Kabupaten Temanggung Melalui Penugasan Khusus

Koresponden : Rindu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here