Ristawati Ajak Generasi Milenial Tingkatkan Literasi Digital

0
Webinar Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi

Kabupaten Kebumen – Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih menjadi narasumber kegiatan webinar bertajuk ‘Urgensi Literasi Digital dalam Masa Pandemi’ yang diselenggarakan Kementerian Kominfo bersama DPR RI, Kamis (9/9/2021).

Pada kesempatan itu, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Utut Adianto membuka secara langsung kegiatan webinar yang diikuti ratusan peserta. Tak hanya Wakil Bupati Kebumen sebagai narasumber, kegiatan webinar juga diisi oleh Samuel Abrijani Pangarepan selaku Dirjen Aplikasi Informatika dari Kementerian Kominfo.

Foto: Webinar Literasi Digital dalam Masa Pandemi

“Literasi sebagai perangkat keterampilan agar seseorang mampu membaca situasi dengan baik, mengeksplorasi pengetahuan lebih jauh, mentransformasi menjadi pengetahuan untuk meningkatkan kualitas hidup,” jelas Wabup Ristawati.

Disampaikan Ristawati, bahwa berbagai sektor khususnya pendidikan hendaknya diiringi kemampuan literasi yang akan mempengaruhi pola kehidupan bagi generasi muda.

“Kemampuan berliterasi siswa berpengaruh dalam kehidupannya. Semakin tinggi kemampuan berliterasi siswa maka semakin luas pula wawasan yang dimilikinya,” terangnya.

Dikatakan Wabup Ristawati, semakin tinggi kemampuan dalam hal literasi pada bidang digital, dengan demikian akan menambah wawasan dari berbagai khasanah keilmuan. Masa pandemi, literasi digital menjadi satu opsi untuk mempermudah mengakses informasi yang dibutuhkan.

“Untuk meningkatkan kemampuan menulis, dapat dilakukan dengan menciptakan karya tulis berupa non fiksi maupun fiksi seperti novel atau puisi, dan mengikuti perlombaan secara online,” kata dia.

Selain itu, peran berbagai pihak juga cukup dibutuhkan untuk mengawasi agar pemanfaatan teknologi digital tidak membawa dampak negatif bagi generasi muda. Lebih jauh, selain di dunia pendidikan peran teknologi juga diharapkan mampu diterapkan pada sektor lain.

“Orang tua bisa lebih memperhatikan anak dengan melakukan pembatasan penggunaan media sosial,” pungkasnya.

Baca Juga :   Puan Maharani Resmikan Monumen Soekarno di Aljazair

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here