Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPC PDI Perjuangan Grobogan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga. Hal ini dilakukan karena semakin merebaknya penyebaran virus Corona di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Grobogan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Jambon, Kecamatan Pulokulon, Minggu (29/3/2020).

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh anggota BAGUNA DPC PDI Perjuangan Grobogan dan dibantu oleh kader Komunitas Juang Grobogan. Penyemprotan cairan anti virus tersebut dilakukan secara merata di seluruh rumah warga dan beberapa fasilitas umum, seperti pasar, kantor Kepala Desa, lembaga pendidikan, maupun fasilitas umum lain yang berada di dmDesa Jambon. Tidak hanya itu, seluruh personil BAGUNA yang dipimpin oleh Dewi Megawati tersebut juga memberikan sosialisasi kepada seluruh warga desa Jambon agar tetap berada dirumah masing–masing untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Desa Jambon.

Menurut Komandan BAGUNA DPC PDI Perjuangan Grobogan, Dewi Megawati saat dikonfirmasi oleh Koresponden Derap Juang Grobogan mengatakan, bahwa dirinya juga mengingatkan kepada warga untuk selalu menjaga jarak dan interaksi antar individu. Selain itu, personil yang bertugas untuk menyemprot pun juga diberi pengarahan agar menjaga jarak.

“Saya selalu mengingatkan kepada petugas BAGUNA agar selalu menjaga jarak dengan petugas BAGUNA lainnya. Selain itu, saya juga menyampaikan kepada masyarakat agar mereka juga saling menjaga jarak dalam berinteraksi,” tutur Mega yang juga Anggota DPRD Grobogan Fraksi PDI Perjuangan.

Kegiatan tersebut melibatkan beberapa unsur yang ada di Desa Jambon, seperti Kepala Desa, Ketua RW dan Ketua RT serta perwakilan warga dari masing–masing RT. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat memiliki kesadaran dalam pencegahan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya.

Dalam kegiatan tersebut, BAGUNA Grobogan juga menyumbangkan ratusan botol yang berisi disinfektan untuk menyemprot seluruh rumah warga di Desa Jambon. Ratusan botol tersebut didapat dari hasil gotong royong kader PDI Perjuangan. Salah satunya dari Anggota DPRD Jawa Tengah Fraksi PDI Perjuangan, A. Baginda Muhamad Mahfudz Hasibuan.

Baca Juga :   Andang: Derap Juang Alat Komunikasi Politik Partai

Menurut Kepala Desa Jambon, Hardi, S.Pd, menyatakan bahwa kegiatan dari BAGUNA Grobogan tersebut banyak membantu dan bermanfaat ditengah pandemi Covid-19 yang semakin meluas.

“Kegiatan BAGUNA ini adalah yang pertama dan menjadi contoh bagi kami agar kedepan bisa kami tiru dan kami tekankan kepada masyarakat”, tuturnya.

Sementara itu, Dewi Megawati juga menambahkan bahwa kegiatan serupa juga akan dilaksanakan dibebeapa lokasi lain, salah satunya di lingkungan kantor DPC PDI Perjuangan Grobogan. Kegiatan tersebut nantinya akan melibatkan unsur-unsur terkait dijajaran kabupaten Grobogan, seperti BPBD Kabupaten Grobogan, TNI maupun POLRI serta unsur terkait lainnya.

“Kami beserta seluruh kader partai akan selalu turun ke lapangan sesuai arahan partai melalui ketua DPC PDI Perjuangan Grobogan, Ibu Hj. Sri Sumarni, S.H., M.M. dengan melibatkan unsur terkait seperti BPBD, TNI dan POLRI agar kegiatan kemanusiaan seperti ini bisa saling bersinergi,” pungkasnya.

Koresponden: Oki Mulyadi, S.H.