Puan Maharani Tanam Padi Maju, Berikut Kelebihan dari Tanju

1
Puan Maharani Tanam Padi

Kota Semarang – Tanju atau tanam maju merupakan salah satu teknik menanam padi dalam dunia pertanian. Biasannya petani melakukan tanam mundur atau Tandur saat menanam padi disawah. 

Di Bali, Ketua DPR RI, Puan Maharani bersama petani  melakukan Tanju. Meski menuai banyak pertanyaan di media sosial olen netizen, nyatanya teknik Tanju sudah dilakukan para petani di sejumlah daerah. 

Dilansir dari sampulpertanian.com, keuntungan dari Tanju ini salah satunya petani bisa lebih cepat melakukan penanaman bibit padinya dan bisa lebih jelas melihat garis jarak tanam yang sebelumnya dibuat oleh petani menggunakan Caplakan (alat pertanian tradisional yang berfungsi untuk membuat garis pola jarak tanam padi).

Berikut ulasan kelebihan dari teknik tanam maju (Tanju);

1. Memudahkan untuk penanaman

Penanaman dengan teknik tanju atau tanam maju ini memudahkan petani untuk menanamkan bibitnya dikarenakan penanaman dilakukan dengan cara maju melakah ke depan.

2. Penanaman bibit padi lebih cepat

Penggunaan teknik tanju atau tanam maju ini lebih cepat dikarenakan, cara penanaman bibitnya dengan cara melangkah maju kedepan, sehingga memudahkan petani untuk menanamnya dan jangkauan tangan dan penglihatan lebih luas sehingga tidak ada jarak tanam yang terlewat untuk ditanamai bibit.

3. Lebih rapih

Penanaman tanju lebih rapih dikarenakan teknik tanju ini tidak menginjak garis jarak tanam berbeda halnya dengan tandur yang seringkali tanpa sengaja menginjak yang mengakibatkan terhapusnya garis jarak tanam yang sebelumnya dibuat dengan caplakan tersebut. dengan teknik tanju petani bisa lebih fokus untuk maju menanam bibit padinya tanpa harus mencari jarak tanam untuk bibit padinya.

4. Lubang jarak tanam tidak ada yang terlewat.

Jika dibandingkan dengan teknik tandur yang seringkali terlewatnya lubang jarak tanam, berbeda dengan tanju. lubang jarak tanam yang akan ditanami berada didapan sehingga memudahkan untuk mengisinya dengan bibit dan tidak akan terlewat untuk ditanami.

Baca Juga :   Puan Maharani: Kader PDI Perjuangan Harus Solid Satu Barisan

Penulis: MS

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here