Puan Maharani: Jalan Kaki 12.000 Langkah Datangkan Manfaat Besar Bagi Tubuh

0
Foto: Ketua DPR RI, Puan Maharani berjalan kaki menyusuri Kota Jakarta

Kota Semarang – Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan olahraga dengan berjalan kaki 12 ribu langkah di akhir pekan. Aktivitas ini diunggah oleh Puan di akun Instagramnya @puanmaharaniri pada Minggu (23/5/2021).

“Di sela-sela kesibukan, saya sempatkan berjalan kaki keliling Jakarta,” kata Puan.

Puan berjalan kaki dari wilayah kediamannya di Kuningan, kemudian menaiki MRT Bendungan Hilir menuju Bunderan Hotel Indonesia. Melalui rute awal itu, ia melanjutkan perjalanannya ke kawasan Sudirman Central Business District atau SCBD.

Selama berjalan kaki, Puan turut memperhatikan masyarakat yang sedang berolahraga dengan menaiki sepeda dan jalan kaki. Sejak pandemi Covid-19. Aktivitas olahraga memang menjadi tren yang populer di kalangan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Jangan lupa jaga kesehatan dengan berolahraga ya..,” pesan Puan pada video unggahannya.

Olahraga dengan jalan kaki seperti yang dilakukan Puan ternyata memiliki manfaat yang besar untuk tubuh. Meski terlihat mudah, jalan kaki bisa membantu membakar lemak, menurunkan berat badan, dan mengubah postur tubuh menjadi lebih baik.

Berjalan kaki 12.000 langkah per hari, khususnya, adalah target yang baik jika seseorang ingin melakukan transformasi bentuk tubuh. Konsisten berjalan kaki dinilai lebih efektif bila dibandingkan dengan latihan berat di gym atau naik tangga.

Rata-rata tubuh membakar 30-40 kalori per 1.000 langkah. Maka, berjalan kaki 12.000 langkah akan membakar lebih dari 500 kalori. Kalori yang terbakar bisa berbeda setiap orangnya, tergantung dari berat badan, tinggi badan, tingkat kebugaran, kecepatan, dan area tempat berjalan.

Dilansir oleh Klikdokter.com, jalan kaki secara teratur setiap hari juga mampu meningkatkan energi tubuh. Pasalnya, aktivitas ini membuat otot dan sendi menjadi lebih kuat. Jalan kaki akan memicu cairan sendi terus berproduksi dan menjaga kesehatannya.

Baca Juga :   Tumbuhkan Semangat Menulis, DPC PDI Perjuangan Banyumas Gelar Bimtek Jurnalistik Dasar

Jalan kaki pun mengurangi tekanan darah sistolik hingga 3,8 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 0,3 mmHG. Menjaga tekanan darah normal berarti menjaga tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit. Seperti diketahui bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit kronis, seperti jantung, stroke, bahkan diabetes.

Sehingga melalui kesempatan ini Puan sudah begitu tepat untuk mengajak seluruh masyarakat agar membiasakan diri berjalan kaki untuk menikmati manfaat baiknya bagi tubuh. Jika belum terbiasa, mulailah melakukan aktivitas ini 15-30 menit per hari hingga terbiasa dan dapat mencapai target 12.000 langkah setiap hari.

Tim Editor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here