CKJ Temanggung Bangun Usaha Dengan Mengoptimalkan Kondisi Lingkungan

0
CKJ Kab. Temanggung, Selfia Fani Rahmawati Kembangkan Usaha Bakaran

Kabupaten Temanggung – CKJ Kabupaten Temanggung bernama Selfia Fani Rahmawati adalah wanita multitasking. Predikat tersebut tersemat karena sosoknya yang bisa menyelesaikan beberapa tugas dalam satu waktu secara bersamaan. Selain kuliah di salah satu sekolah dinas secara daring, dia juga memiliki semangat yang tinggi dalam berwirausaha. Hal ini merupakan sebuah upaya yang diaktualisasikan dalam rangka membangun kemandirian ekonomi.

Selfia membuka usaha makanan bakar atau yang lebih familiar disebut bebakaran di depan rumahnya yang bertempat di Kauman, Kecamatan Parakan. Usaha yang dikelolanya ini diberi nama ”Sami Pinarak” yang merupakan etimologi Jawa. Secara harfiah, Sami Pinarak berarti Ayo Mampir. Ini adalah sebuah representasi doa supaya banyak konsumen yang berkunjung ke usahanya. Usaha yang digelutinya terbilang muda, karena didirikan pada bulan Maret tahun 2021.

CKJ Kab. Temanggung, Selfia Fani Rahmawati

Pilihannya dalam membuka usaha bakaran tidak terlepas dari kondisi lingkungan. Aktualisasi usahanya adalah bentuk adaptasi serta optimalisasi peluang yang hadir di tengah masyarakat. Banyaknya anak-anak di sekitar usaha adalah bentuk segmenting market yang potensial untuk dikembangkan. Adapun jenis produk yang ditawarkan antara lain bakso tusuk, sosis, tahu aci, dan aneka makanan ringan lain.

Usaha Bakaran Milik CKJ Kab. Temanggung, Selfia Fani Rahmawati

Pada hari-hari biasa, Selfia mampu menjual produk Bakaran mulai dari seratus hingga dua ratus tusuk. Ketika terdapat momentum penting, tak jarang usahanya ini mendapatkan pesanan lebih dari konsumen yang mengakibatkan permintaannya juga mengalami kenaikan. Ketika penjualan mengalami penurunan, Selfia membuat sistem delivery order serta promo melalui media sosial. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas permintaan pasar sekalipun usaha luringnya mengalami penurunan kuantitas penjualan.

Baca Juga :   Manfaatkan Waktu Libur, Erwin Laksanakan Kerja Bakti di Halaman Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal

Untuk rencana kedepannya, ia berniat untuk mendaftarkan jualannya di market place seperti Grab Food dan Go Food sehingga usahanya lebih mengekspansi potensi pasar. Sosok Selfia memiliki motivasi yang kuat dalam menjalankan usahanya yaitu “Jangan takut untuk melangkah, lebih baik mencoba lalu gagal daripada tidak mencoba sama sekali,“ Tutur Selfia.

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here