Panen Sayuran Hidroponik, Puan: Bisa Jadi Peluang Ekonomi

0
Foto: Ketua DPP PDI Perjuangan sekaligus Ketua DPR RI, Puan Maharani

Kota Semarang – Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan panen sayuran Hidroponik di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu (22/05/2021). Puan terlihat memetik kangkung, selada, dan berbagai jenis sayuran segar lainnya.

Baginya, Hidroponik tidak hanya memiliki nilai kegunaan untuk diri sendiri, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Lebih dari itu, ketika melakukan Budidaya Hidroponik, jelas itu akan dapat menjadi peluang usaha baru di era Pandemi seperti ini.

“Budidaya sayuran Hidroponik menjadi salah satu aktivitas yang ikut berkembang di era Pandemi. Alangkah baiknya bila ini bisa jadi peluang usaha baru bagi masyarakat yang ikut mendongkrak perekonomian,” kata Puan di sela-sela memetik sayuran.

Hidroponik sendiri adalah sistem penanaman yang mengandalkan nutrisi air. Sistem ini dinilai lebih menguntungkan karena bisa dilakukan kapan saja, tanpa dipengaruhi oleh musim. Berbeda dengan pertanian berbasis tanah, pelaku usaha Hidroponik tidak perlu melakukan pengolahan serta persiapan tanah untuk menanam.

Sayuran yang ditanam secara Hidroponik diketahui juga relatif lebih sehat. Hal ini karena penanamannya tidak memerlukan Pestisida atau pengaruh zat kimia lainnya.

Selain dapat menghasilkan sayuran dan buah segar, hasil panen Hidroponik juga bisa menghasilkan makanan olahan. Inovasi sehat ini dapat mengambil pangsa pasar baru bagi mereka yang lebih sadar untuk menjaga kesehatan di masa Pandemi.

“Selalu ada peluang baru di masa Pandemi. Penanaman Hidroponik ini bisa jadi salah satunya, yang terpenting adalah usaha dan semangat kita agar hidup lebih baik, serta keluar dari kesulitan akibat Covid-19,” pungkas Puan.

Tim Editor

Baca Juga :   Turun lapangan, Mbak Casytha Sambangi Warga Demak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here