Perkuat Jiwa Kewirausahaan Melalui Kemandirian Ekonomi

0
Foto: Angkringan milik KJ Viyan, Kab. Pati

Kabupaten Pati – Jiwa wirausaha tampaknya sudah tertanam dalam diri salah satu kader Komunitas Juang Pati, KJ Ikha Rizky Oktavynto, atau yang kerap disapa KJ Viyan. Adapun usaha yang digeluti olehnya adalah angkringan atau warung kucingan, menjadi pilihannya saat ini.

Untuk menarik minat pembeli, KJ Viyan menamakan usahanya tersebut “Viyan Gendut”. Berbagai macam nasi bungkus atau nasi kucing beserta lauknya, dan aneka minuman atau wedangan tersedia di sini. Beruntungnya lagi lokasinya sangat strategis dan ramai, yaitu di halaman DPC PDI Perjuangan Kab. Pati.

Foto: Angkringan milik KJ Viyan, Kab. Pati

Sebagai kader Komunitas Juang, KJ Vian sering membantu dalam kegiatan DPC PDI Perjuangan Kab. Pati. Awalnya hanya dari obrolan sederhana dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Pati, Ali Badrudin, yang menanyakan kesibukannya. Karena belum punya pekerjaan tetap, akhirnya disarankan untuk membuka warung kucingan di halaman DPC, dan Ali Badrudin siap untuk mendukungnya.

Suka duka dalam berwirausaha sudah menjadi bagian dari hidupnya, melalui berjualan mainan anak dan penyewaan kostum badut yang saat ini sepi pembeli karene dilarangnya ada acara yang menghadirkan banyak kerumunan. Hal tersebut tidak membuat KJ Viyan patah semangat dalam berwirausaha, tetapi KJ Viyan kembali mengembangkan usaha warung kopi ini yang 3 tahun lalu sempat berhenti.

Adanya pandemi Covid-19 ini tidak sedikit masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, termasuk KJ Viyan. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan keluarga, KJ Viyan harus mencari peluang lain demi meraup pundi-pundi rupiah.

“Dengan mengikuti Komunitas Juang ini banyak pelajaran yang saya dapatkan selama ini dalam pembianaan. Sehingga menjadi bekal untuk saya implementasikan dalam diri saya sendiri maupun di lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :   Banyak Zona Merah di Jawa Tengah, Etik Suryani Tancap Gas Gelar Rakor Satgas Covid-19

Lebih dari itu, KJ Viyan juga teringat, bahwa tentunya apa yang dilakukannya saat ini adalah sesuai pesan dari Ibu Megawati Soekarnoputri, bahwa kader PDI Perjuangan harus berkontribusi untuk menjadi pelopor ekonomi Bangsa yang mandiri.

“Melalui pesan itu memang yang artinya kita, terlebih kaum muda harus sanggup bekerja dan mengupayakan kamajuan dengan usaha sendiri. Terima kasih atas semua bantuannya dari Pak Ketua DPC, Pak Ali Badrudin maupun teman-teman lainnya,” pungkas KJ Viyan.

Koresponden : Miftakhul Qomariyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here