Pelatihan IKM Gula Jawa, Sarana Bangkitkan Sektor Ekonomi

0
Foto: Suyadi Hadiri Pelatihan IKM Gula Jawa

Kabupaten Wonogiri – Salah satu langkah strategis yang dijalankan oleh pemerintah dalam upaya mencegah penurunan produksi dan menggerakkan kembali sektor industri serta meningkatkan kualitas produksi, yakni dengan melaksanakan program peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan. Untuk itu diadakan program pelatihan IKM (Industri Kecil Menengah) untuk Pengrajin gula jawa di Kecamatan Paranggupito, Selasa (21/6/2022).

Pelatihan ini diikuti produsen gula jawa dari tiga desa di Kecamatan Paranggupito, yaitu Desa Paranggupito, Desa Gudangharjo, dan Desa Gunturharjo. Pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan daya saing SDM lokal di pasaran dan meningkatkan standardisasi produk IKM gula kelapa di angkatan pertama ini.

Foto: Pelatihan Ditujukan Supaya Para Pengrajin Gula Jawa Memiliki Daya Saing di Realitas Kehidupan Pasar

Melalui program pelatihan teknis produksi dan standardisasi produk IKM gula kelapa ini diharapkan masyarakat bisa bersaing di pasaran dan bisa menjaga kualitas produk agar layak dipasarkan ataupun dikonsumsi masyarakat luas.

Suyadi selaku KomandanTe Bintang Dua Wonogiri berpesan agar pemasaran jangan hanya lingkup masyarakat kecil (dalam kecamatan) namun harus berani pemasaran sampai luar daerah agar penghasilan masyarakat meningkat dengan produk standar gula jawa asli Paranggupito yang berkualitas.

“Saya berpesan dengan adanya pelatihan ini pengrajin gula jawa mampu menyerap ilmu pemasaran dan menjaga kualitas murni dari gula jawa. Saya berharap untuk pemasaran harus secara luas dengan target pasar masing masing bisa dengan mengunakan media sosmed agar bisa dilihat kalangan luas,” ujar Suyadi.

Koresponden : Firfeb

Baca Juga :   Slamet: Momentum Ini Menjadi Pijakan Tepat Sampaikan Kehendak Rakyat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here