PDI Perjuangan Kota Semarang Gelar Lomba Masak Mustika Rasa

0
274

Kota Semarang – Bulan Juni merupakan bulan yang spesial karena pada bulan Juni terdapat beberapa peristiwa penting yaitu pada tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahirnya Pancasila, tanggal 6 Juni 1901 Bung Karno Lahir, dan tanggal 21 Juni 1970 Bung karno wafat. Oleh sebab itu, Bulan Juni sering disebut sebagai Bulan Bung Karno.

Dalam peringatan Bulan bung Karno tahun 2020, DPC PDI Perjuangan Kota Semarang mengadakan berbagai kegiatan lomba, salah satunya yaitu Cooking Vlog dengan tema Resep dari Mustika Rasa Warisan Bung Karno yang berbahan dasar Ikan Bandeng. Alasan memilih ikan bandeng karena ikan bandeng merupakan ciri khas oleh-oleh dari Kota Semarang.

Cooking Vlog ini diikuti oleh 27 peserta yang telah mensubmit hasil karyanya ke panitia. Sabtu (04/07/2020) para peserta mengirimkan hasil masakannya ke Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Semarang untuk dinilai langsung oleh dewan juri dalam segi rasa, penampilan serta kesesuaian tema. Adapun juri dari cooking vlog ini adalah Hevearita G. Rahayu, Wakil Walikota Semarang yang juga selaku Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Ibu Novi Sukmawati Ayuningrum selaku Anggota DPRD Kota Semarang Fraksi PDI Perjuangan dan Koh Wong (Owner Wong Art).

“Hari ini kami mewakili DPC PDI Perjuangan Kota Semarang melakukan penilaian lomba masak Mustika Rasa warisan Bung Karno. Kegiatan ini merupakan wujud bakti PDI Perjuangan untuk terus melestarikan budaya Kuliner Nusantara asli Indonesia. Lomba masak ini diikuti oleh 27 peserta yang sudah mensubmit hasil karyanya kepada kami. Intinya hari ini kami mau icip-icip gitu,” ungkap Wakil Walikota Semarang atau yang akrab disapa Mbak Ita.

Baca Juga :   Posko Gotong-Royong Tetap Beroperasi di Bulan Ramadhan

Beberapa menu olahan ikan bandeng hasil kreasi peserta antara lain Bandeng Bumbu Rujak, Bandeng Bumbu Acar, Pindang Bandeng, Bandeng Serani, Otak-Otak Bandeng dan Bandeng Kropok. Dari 27 peserta dipilihlah 7 pemenang diantaranya Juara 1, 2 dan 3 serta Juara Harapan 1, 2, 3 dan 4.

“Juara 1 diraih oleh Ibu Rusmiyati, Juara 2 diraih oleh Ibu Ina Wahyuningsih dan Juara ke 3 diraih oleh saudara Edho Adha Putra. Ketiganya kebetulan memasak Bandeng Bumbu Acar semua,” terang Novi.

“Alhamdulillah acara lomba masak sudah selesai, terimakasih atas semangat sedulur-sedulur peserta yang telah berpartisipasi dalam Lomba Cooking Vlog ini. Semoga kita bisa bertemu dilomba-lomba selanjutnya yang akan diadakan DPC PDI Perjuangan Kota Semarang,” tambah Novi.

Koresponden: Didik Setiawan dan Pangestika Rusadi