PDI Perjuangan Kebumen Tekankan 9 Fungsi Pancasila

2
Foto: Kader PDI Perjuangan Kab. Kebumen selenggarakan Upacara Bendera Harlah Pancasila

Kabupaten Kebumen – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945. DPC PDI Perjuangan Kab. Kebumen mengelar Upacara Bendera yang bertempat di Aula DPC PDI Perjuangan Kab. Kebumen, Selasa (01/06/2021).

Pada upacara tersebut, Sarimun selaku Sekretaris DPC sekaligus Ketua DPRD Kab. Kebumen ini memimpin jalannya upacara melalui perannya sebagai Inspektur Upacara. Kemudian sebagai peserta adalah jajaran struktural DPC, PAC, Ranting, dan petugas upacara dari Komunitas Juang.

Foto: Kader PDI Perjuangan Kab. Kebumen selenggarakan Upacara Bendera Harlah Pancasila

Dalam amanatnya, Sarimun mengatakan, “hari lahirnya Pancasila merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Terdapat sembilan fungsi Pancasila yang harus kita semua ketahui dan pahami,” ucapnya.

Lebih lanjut Sarimun memaparkan 9 fungsi tersebut, yaitu Pancasila sebagai jiwa Bangsa Indonesia, dasar negara, Ideologi Negara, kepribadian Bangsa Indonesia, pandangan hidup Bangsa Indonesia, sumber dari segala sumber, perjanjian luhur Bangsa Indonesia, cita-cita, tujuan Bangsa Indonesia, dan falsafah hidup yang mempersatukan Bangsa.

“Melalui sembilan fungsi inilah kita sebagai kader PDI Perjuangan harus bisa menjiwai nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila. Kemudian kita sebagai kader PDI Perjuangan harus selalu bergotong royong menebar manfaat untuk sesama,” tambahnya.

Ditegaskan oleh Sarimun, bahwa fungsi ini terutama saat tinggal di desa harus bisa bermasyarakat yang baik dengan lingkungan, tanpa melihat agama, budaya, suku, dan lain-lain.

“Kami mengajak para kader untuk berperan aktif dalam membangun desanya. Pasalnya, dengan adanya desa maju, Indonesia pasti akan kuat dan berdaulat. Kami berharap amanat ini bisa kita resapi dan implementasikan saat kita terjun langsung ke masyarakat,” tutupnya.

Koresponden : Sofian Aniffudin

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kudus Ikuti Webinar RUU PKS

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here