Ngesti Nugraha Sambut Baik Inovasi Baru DPMPTSP Kabupaten Semarang

0

Kabupaten Semarang – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Semarang terus berbenah, untuk meningkatkan mutu kinerja pelayanan umum. Salah satunya dengan mengenalkan barcode survei kepuasan dan pengaduan masyakarat. Sistem ini akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pendapatnya untuk perbaikan pelayanan perizinan.

Peluncuran barcode penilaian itu dilakukan secara langsung oleh Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H., di Abimantrana Ballroom, The Wujil, Bergas, Kamis (4/8/2022).

Ngesti Nugraha menghadiri peluncuran barcode di Abimantrana Ballroom, The Wujil, Bergas, Kamis (4/8/2022).

Ngesti Nugraha, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Semarang menyambut baik inovasi oleh DPMPTSP ini. Kondisi tersebut diharapkan, dapat mempercepat proses peningkatan mutu pelayanan perizinan yang diberikan. Digitalisasi perizinan akan mampu mendukung langkah Pemkab Semarang dalam mewujudkan pelayanan prima yang mudah dan terjangkau.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Valeanto Sukendro melaporkan, barcode Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Pengaduan Masyarakat (Dumas) memungkinkan masyarakat dalam memberikan penilaian setiap saat. Sebelumnya, hal itu dilakukan secara periodik setiap semester. Pihaknya menambahkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja DPMPTSP terhitung tinggi.

“Tahun lalu, angkanya mencapai 93 atau A minus dan mendapat penghargaan, serta insentif sebesar Rp. 5 Miliar lebih dari Pemerintah Pusat. Survei Kepuasan Masyarakat secara digital dengan barcode ini dapat mempermudah masyarakat dalam menyampaikan penilaian setiap saat, sehingga diharapkan, proses perbaikan mutu pelayanan akan semakin cepat,” ungkapnya.

Penggagas Barcode Survei Kepuasan dan Pengaduan Masyarakat, Didik Setiawan mengatakan, ide itu berawal dari keinginannya untuk meningkatkan mutu pelayanan DPMPTSP. Masyarakat yang akan memberikan penilaian cukup memindai barcode “Puas” atau “Tidak Puas”. Setelah itu, akan terhubung dengan form pengisian atau pengaduan sesuai pilihan barcode.

Baca Juga :   Angka Covid-19 di Klaten Menurun, Sri Mulyani Terus Genjot Percepatan Vaksinasi

Koresponden : Black

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here