Ngesti Nugraha Nilai PSP Bantu Percepatan Penciptaan SDM Unggul

0

Kabupaten Semarang – Program Sekolah Penggerak (PSP) yang digagas Kemendikbudristek berdampak positif di SMPN 1 Pabelan. Lewat program itu, warga sekolah di sana mampu melestarikan kesenian tradisional, Tari Rodhat yang nyaris punah.

Deklarasi PSP ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. Turut menyaksikan pula, perwakilan anggota DPRD, Kepala BBPMP Jawa Tengah, Nugraheni Tri Hastuti, serta puluhan kepala sekolah dan pengawas sekolah tingkat PAUD, SD dan SMP. Acara tersebut digelar di auditorium PP PAUD Dikmas Jawa Tengah, di Ungaran, Rabu (28/9/2022).

Ngesti Nugraha mengatakan,”saya menilai, PSP sangat membantu percepatan penciptaan SDM unggul di Kab. Semarang. Harapannya, semua sekolah melaksanakan PSP, agar potensi siswa dapat dikembangkan sedini mungkin,” tuturnya.

Foto: Ngesti Nugraha, Bupati Semarang.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Pabelan, Wandansari, M.Pd mengungkapkan, selama setahun, pihaknya menjalankan PSP, ada berbagai kegiatan proyek berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Salah satunya para siswa mampu menari Rodhat yang penuh kearifan lokal secara serentak.

“PSP memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai bakat dan minatnya, diantaranya, seni musik, seni rupa dan lainnya. Sekolah memfasilitasi dengan sarana dan prasarana yang biayai dengan Biaya Operasional Siswa (BOS) kinerja. SMPN 1 Pabelan mendapat dua kali BOS kinerja,” ungkapnya.

Penerimaan pertama kali senilai Rp. 100 juta digunakan untuk membeli alat musik. Sedangkan, bantuan kedua senilai Rp. 70 juta dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan siswa, diantaranya, untuk memanfaatkan sampah plastik menjadi hiasan mosaik yang menarik.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Gogok Widiyatmoko menjelaskan, ada 69 sekolah yang telah menjalankan PSP, terdiri dari, 17 PAUD, 40 SD dan 12 SMP, baik, negeri maupun swasta.

Baca Juga :   Srikandi PDI Perjuangan Kab. Brebes Bagian Selatan Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19

Koresponden : Black

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here