Masuk Wilayah Level 3, Pemkab Kebumen Izinkan PTM Terbatas

1
Wakil Bupati Kebumen, Rsitawati Purwaningsih

Kabupaten Kebumen – Pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dan bertahap di Kabupaten Kebumen akan dimulai besok, Rabu (1/9/2021). Langkah ini diambil menyusul Kebumen sudah masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih mengatakan, keputusan itu diambil sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) tentang PPKM, bahwa daerah yang masuk PPKM di level 3 dapat diizinkan untuk melaksanakan PTM secara terbatas dengan kapasitas 50 persen.

“Merujuk regulasi yang ada, maka diizinkan PTM dengan memperhatikan ketentuan diantaranya siswa dibatasi secara bergilir,” katanya, Rabu (1/9/2021).

Nantinya, lanjut dia, PTM harus berlangsug secara bertahap. Sehingga PTM ini sekaligus bisa dijadikan simulasi atau percontohan bagaimana menerapkan sistem sekolah tatap muka yang baik, agar guru dan siswa bisa belajar secara maksimal, terhindar dari penularan Covid-19.

“Jadi ada semacam simulasi untuk mencari pilot project sekitar dua minggu kedepan. Ketika dirasa efektif baru bisa ditingkatkan dan diterapkan ke jenjang berikutnya,” imbuh dia.

Selain kapasitas terbatas, dalam PTM ini pihak sekolah diminta untuk menyiapkan seluruh sarana dan prasarana yang mendukung Prokes. Siswa dan guru juga dilarang bersalaman, murid membawa bekal sendiri, dan harus taat prokes.

“Ada syarat dan ketentuan yang mesti diperhatikan bersama supaya saling menjaga. Contohnya, tengaga pengajar yang masih tinggal di luar Kebumen atau masuk dalam level 4 ini tidak diperkenankan mengajar,” ucap Rista.

Wakil Bupati juga meminta agar dinas dan kecamatan untuk intensif mengecek persiapan serta melakukan pemantauan yang intensif selama simulasi ini. Hal ini dinilai penting guna memastikan kegiatan PTM berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Sinergitas sangat dibutuhkan untuk menyikapi kabar baik ini. Jangan sampai kita lengah sedikit justru kembali seperti kondisi sebelumnya,” paparnya.

Baca Juga :   Hadiri PPEP, Ir. Sulistyorini: Perempuan Harus Berani Ambil Keputusan

Rista menambahkan, pemerintah secepatnya akan melaksanakan progam vaksinasi untuk para siswa di atas usia 12 tahun ke atas. Program vaksinasi bagi para siswa ini jelas sangat mendukung kesuksesan PTM di Kebumen karena siswa bisa terlindungi dari bahaya virus.

Koresponden : MH

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here