Mantap, Realisasi Pokir Fitria Handini Dilakukan Swadaya oleh Warga

0

Kabupaten Kebumen – Cita-cita warga Desa Donosari, Kecamatan Sruweng untuk memiliki jalan mulus kini terwujud berkat ada sinergitas serta kekuatan gotong royong. Baru saja, para warga setempat merampungkan pembangunan jalan secara swadaya dari dana pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Kebumen, Fitria Handini.

Melihat hal itu, perasaan haru sekaligus bangga dirasakan Handini saat monitoring prosesi pembangunan jalan sebagai akses penghubung dua desa. Politisi PDI Perjuangan ini kagum melihat langsung semangat kebersamaan warga. Ia mengapresiasi peran aktif warga untuk terlibat dalam pembangunan desa.

Foto: Warga Desa Donosari Bergotong Royong Bangun Jalan dari Dana Pokir Anggota DPRD Kebumen, Fitria Handini

“Saya dua kali diundang ke sini, senang sekaligus terharu melihat perjuangan warga desa. Mereka saling gotong royong mewujudkan akselerasi pembangunan pada sektor infrastruktur. Ini patut kita apresiasi dan bisa dijadikan contoh,” kata Handini, Sabtu (10/7/2021).

Handini menyebut, mata anggaran sejumlah Rp 150 juta pada pembangunan jalan itu bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) melalui Pokir DPRD Kebumen tahun 2020. Dalam pelaksanaan, anggaran itu secara keseluruhan di peruntukan belanja material. Adapun untuk pekerja sendiri, berasal dari warga setempat dengan dilakukan secara swadaya.

“Jadi diberikan dan dikelola kepada desa. Ternyata dibelikan material semua, sedangkan yang kerja dari warga sekitar secara mandiri dan sukarela. Mereka datang saling bahu membahu,” ucap Dewan Dapil 3 (Sruweng, Kuwarasan, Puring dan Adimulyo).

Menurutnya, akselerasi infrastruktur dianggap penting sebagai modal penggerak di berbagai sektor, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan taraf kesejahteraan warga setempat. “Kita menjabarkan program Pak Presiden dan Pak Bupati untuk memberikan perhatian khusus kepada infrastruktur. Ini penting untuk mempermudah warga beraktivitas dan mencari nafkah untuk keluarga,” ucapnya.

Baca Juga :   KomandanTe Gemawang Tekankan Pentingnya Perkuat Soliditas dan Solidaritas

Ia pun terus berkomitmen menyerap aspirasi masyarakat untuk kemudian diakomodir sesuai tugas dan kewenangan sebagai legislator. “Tahun ini tidak hanya rabat beton tapi juga talud. Sudah merambah di dua RT 02/02 dan RT 01/03. Rencana tahun depan saya prioritaskan untuk wilayah ini juga sebesar Rp 100 juta,” ucapnya.

Secara terpisah, Kepala Desa Donosari, Supyan menghaturkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Fitria Handini. Ia berharap ke depan ada sinergitas berkelanjutan untuk bersama membangun Kebumen dari tingkat desa.

“Kami berterima kasih sekali kepada Mbak Handini yang telah hadir di tengah masyarakat. Kami berharap bentuk kerjasama ini terus terjali untuk Kebumen lebih baik lagi,” terang Kades.

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here