Makmurkan Petani, Yunianto Dorong Maksimalkan Penyerapan Tembakau

0
Foto: Yunianto Melaksanakan Inspeksi ke Beberapa Gudang Tembakau

Kabupaten Temanggung – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung, Yunianto melaksanakan giat inspeksi ke beberapa gudang. Giat tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menjembatani aspirasi petani tembakau yang mengeluhkan harga tembakau terlalu rendah, Kamis (16/9/2021).

Tembakau sendiri merupakan komoditas yang menjadi ikon utama Kabupaten Temanggung. Di sisi lain, komoditas ini juga mempunyai implikasi yang sangat intensif terhadap berbagai aspek dan sendi kehidupan masyarakat.

Foto: Yunianto Melaksanakan Inspeksi ke Beberapa Gudang Tembakau

Oleh karena itu, Yunianto yang juga Ketua DPRD Kabupaten Temanggung ingin adanya percepatan penyerapan terhadap komoditas tembakau dari petani dengan orientasi adanya peningkatan stabilitas ekonomi berbasis kerakyatan.

“Kita mendapatkan keluhan dari petani tembakau terkait penyerapan komoditas yang kurang optimal. Untuk itu, kami follow up hal tersebut dengan inspeksi ke gudang tembakau. Setelah tadi kami berdiskusi, akhirnya pihak gudang berkomitmen untuk meningkatkan penyerapan komoditas. Kami harapkan sinergitas ini berjalan harmonis sehingga mampu meningkatkan stabilitas ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Yunianto berharap, musim panen raya tembakau menjadi momentum bagi masyarakat Kabupaten Temanggung untuk membangkitkan roda perekonomian. Bagaimanapun juga, pandemi Covid-19 telah melumpuhkan sendi ekonomi makro.

Oleh karenanya, lanjut dia, diperlukan adanya formulasi yang komprehensif untuk menyikapinya, salah satunya dengan mengoptimalkan potensi lokal daerah.

“Kita baru saja mengalami masa krisis di mana roda perekonomian masyarakat tersendat. Upaya untuk menanggulanginya secara efektif adalah dengan formulasi bottom-up, yakni dengan partisipasi aktif masyarakat. Potensi lokal daerah adalah hal yang bisa dioptimalkan oleh masyarakat dalam pengaktualisasian formulasi tersebut. Untuk itu, komoditas tembakau ini adalah salah satu konfigurasi konkret yang mesti kita optimalkan dalam rangka membangkitkan roda perekonomian masyarakat,” tutup Yunianto.

Baca Juga :   Simpatisan PDI Perjuangan Kabupaten Magelang Kelola Usaha Bahan Interior Klasik

Koresponden: Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here