Lomba Bulan Bung Karno, Momentum Penguatan Nasionalisme dan Jiwa Bung Karno

0
187

Kabupaten Sragen – DPC PDI Perjuangan Sragen menggelar peringatan “Bulan Bung Karno” dengan mengadakan berbagai lomba atraktif, inovatif, dan edukatif, Selasa (30/6/2020).

Ketua DPC PDI Perjuangan Sragen Untung Wibowo Sukowati menjelaskan bahwa gelaran tersebut merupakan upaya untuk melanjutkan gagasan serta Pemikiran Bung Karno, Sang Proklamator sekaligus Presiden Pertama RI.

Perlombaan ini diadakan dari awal bulan Juni hingga akhir bulan Juni, adapun ragam perlombaan ini adalah Lomba Menghafal Pancasila Kreatif, Lomba Menyanyi Lagu dan Lomba Membaca Puisi.

“Juni menjadi bulan Bung Karno karena pada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat,” ujar Bowo.

Sementara itu, Suparno Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sragen mengatakan, seluruh kegiatan lomba bulan Bung Karno dilakukan secara daring/online karena situasi pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Suparno mengatakan bahwa peringatan Bulan Bung Karno tahun ini sesuai arahan DPP PDI Perjuangan mengambil tema yang selaras dengan Covid-19, yaitu “Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Sragen dan Komunitas Juang Sragen ini mendapat respon positif dari masyarakat. Hal ini di buktikan dengan tingginya jumlah pendaftar.

Pada proses penjurian, DPC PDI Perjuangan Sragen turut menjaga spirit objektifitas dan transparansi. Sehingga dihadirkan Tokoh Sastrawan Senior, “Daniel Tito” sebagai koordinator penjurian. Sekaligus hal ini merupakan wujud konkrit bahwa lomba tersebut bukan sekadar main-main belaka.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Partai PDI Perjuangan Sragen, selain memberi ruang untuk berekspresi melalui seni, yang menjadi penting adalah adanya penanaman Pendidikan Nasionalisme dan Jiwa Pancasila yang dimulai dari dini untuk menyasar para generasi muda,“ jelas Daniel Tito, usai penjurian.

Baca Juga :   Kader Komunitas Juang Jadi Pengurus PAC PDI Perjuangan Sruweng

Koresponden: Rafif Abrar S dan Isa Budi Kahono