Literasi Digital, Kunci Fundamental untuk Optimal Peluang Bisnis

0
Webinar Literasi Digital dengan tema Optimalisasi Peluang Bisnis di Era Digital

Kabupaten Pemalang – Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir 2 tahun mengubah kebiasaan dan perilaku kehidupan masyarakat. Mulai dari pendidikan, perkantoran, transaksi, pun tak lupa di sektor peluang bisnis. Tentu saja, pemanfaatan teknologi juga dibarengi dengan literasi sebagaimana penunjangnya, sekaligus menjadi kunci fundamental agar bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien. 

Webinar Literasi Digital dengan tema Optimalisasi Peluang Bisnis di Era Digital menghadirkan narasumber anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dede Indra Permana serta praktisi juga akademisi, Dr. Sofian Lusa memberikan pemahaman tentang dunia bisnis online.

Foto: Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Bidang Program, Wiwik Wijiastuti Mengikuti Webinar Literasi Digital

Diikuti dari Kantor DPC PDI Perjuangan Pemalang, Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Bidang Program, Wiwik Wijiastuti mengatakan, bahwa dirinya dimintai oleh Dede Indra Permana untuk menghimpun kader perempuan di Pemalang untuk mengikuti webinar yang berkaitan dengan bisnis online yang sedang booming dan menjadi pilihan yang praktis di masa pandemi.

“Alhamdulillah 140 kader perempuan tergabung dalam seminar literasi digital, ada DPRD provinsi, DPRD kabupaten, pengurus Partai, sampai para istri pengurus. Tidak ketinggalan juga para Kades, mahasiswa, Komunitas Juang, ibu rumah tangga, pegawai swasta, serta pelaku usaha UMKM, semuanya sudah mewakili kader perempuan yang ada di Kabupaten Pemalang,” kata Wiwik.

Dalam paparan dan pembuka webinar, Dede Indra Permana menyampaikan rasa senang sekali karena bisa bertatap muka meski melalui virtual dengan kader perempuan yang ada di Pemalang. Ia juga berpesan agar waspada terhadap berita hoax atau berita bohong.

“Banyak manfaat di era digital ini, di mana kita bisa bersama-sama bertemu bertatap muka tanpa harus berdekatan karena masa pandemi, yaitu melalui Zoom Meeting ini. Melalui forum ini, saya bisa bersua dengan panjenengan semua kader perempuan dari ujung timur Pemalang sampai ujung selatan Pemalang. Terkait pandemi, saya berpesan agar seluruh warga negara mengikuti vaksin dan tetap menjaga protokol kesehatan,” pesan Dede.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Kab. Tegal Siapkan Bedah Tapak Tilas Bung Karno

Sementara itu, praktisi dan akademisi, Dr. Sofian Lusa menyampaikan paparan lika-liku dalam melaksanakan bisnis online yang sekarang digelutinya. Ia menceritakan riwayat awal bisnis online yang pernah dilarang di era Presiden sebelumnya, kini bisnis online menjadi peluang yang harus dijalani seiring perkembangan teknologi informatika di dunia.

Acara webinar berlangsung dengan diisi pertanyaan dan diskusi dari peserta dengan narasumber. Nampak dalam webinar, para kader perempuan PDI Perjuangan Pemalang terlihat mampu mengikuti serta memahami isi materi dalam seminar. Hal ini menandakan mereka sudah mampu menyesuaikan dengan perkembangan informatika sekarang ini.

Koresponden : Agus Siswanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here