Korps KJ Temanggung Tingkatkan Solidaritas dan Soliditas Antar Teritori

0
Foto: Konsolidasi Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka meningkatkan solidaritas dan soliditas antar teritori, Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung menyelenggarakan kegiatan konsolidasi yang bertempat di Eco Raos, Mbero, Kandangan. Jumat (2/4/2021).

Giat ini dihadiri oleh segenap Asisten Mentor Juang (AMJ) yang ditugaskan di Kab. Temanggung serta perwakilan pengurus harian dari setiap teritori. Selain sebagai mekanisme teknis memingkatkan solidaritas, giat ini ditujukan dalam rangka membuka ruang dialektika dalam Korps. Sehingga, harapannya adalah seluruh anggota bisa berproses dan berkembang dengan optimal.

Sebagai generasi penerus bangsa yang akan memegang estafet kepemimpinan negeri, seorang Calon Kader Juang (CKJ) harus mengaktualisasikan misi Korps, yaitu memiliki Karakter, Kompetensi, Kapasitas, serta mempunyai kemandirian di bidang ekonomi. Guna mendapatkannya, maka dengan dialektika yang terbentuk rapi tentu akan menghasilkan output berupa munculnya brainstorming ide dan gagasan.

Di lain sisi, kegiatan ini juga diharapkan dapat menempa jiwa leadership bagi anggota Korps, khususnya guna berderap dalam satu barisan. Koordinator Lapangan Asisten Mentor Juang Kab. Temanggung, AMJ Yusuf Arinton Sasongko menuturkan, “Generasi muda saat ini adalah pemimpin di masa depan. Segala tantangan yang ada merupakan bagian proses yang dapat mendewasakan diri. Oleh karenanya, penting bagi pemuda saat ini untuk memiliki jiwa yang lapang serta tekad yang kuat relevansinya dengan mengabdi kepada tanah air dan bangsa,” tuturnya.

Era saat ini, pemuda terpolarisasi dengan sebuah konsepsi chauvanisme. Sifat kedaerahan yang menonjolkan ego identitas ini tentu sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Integrasi yang sudah terbangun tentu akan mengalami dekonstruksi jikalau tidak ada program penyadaran dan pencerahan tentang pentingnya menumbuhkan sifat multikulturalisme. Oleh karenanya, Komunitas Juang hadir sebagai wadah bagi pemuda untuk menjalin persatuan dalam bersinergi mengabdi kepada Ibu Pertiwi.

Baca Juga :   Sri Mulyani Bagikan Bansos Tahap IV di Kecamatan Jatinom

“Kegiatan di dalam Korps tentu sangat positif. Selain sebagai upaya merefleksikan kewajiban pemuda terhadap bangsa dan negara. Kita juga berlatih untuk menyamakan frekuensi sehingga terbentuklah integrasi di dalam Korps. Output atau follow up-nya kita manifestasikan ke dalam program kerja yang bermanfaat, baik di lingkup internal maupun eksternal”, pungkas Aji Nugroho, CKJ dari teritori Dapil 6 Kab. Temanggung.

Koresponden : Enggar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here