Komunitas Juang, Unit Diklat Anak Muda

4

Kota Semarang – Kehadiran partai politik merupakan suatu keharusan di negara yang menerapkan sistem demokrasi, karena demokrasi tanpa partai politik sulit dibayangkan. Apalagi di tengah kehidupan bermasyarakat yang modern, partai politik adalah penentu demokrasi. Pun dalam tataran teori politik, belum ada alternatif yang pas untuk meramu representasi politik selain dengan campur tangan partai politik.

Menimbang betapa berpengaruhnya partai politik dalam proses politik di negara ini, sudah sepantasnya anak muda tergerak untuk terjun ke dalam partai politik. Hadirnya anak muda dalam partai, menjadi warning bagi generasi tua untuk terus mengingat bahwa regenerasi adalah keniscayaan.

Dalam hal ini, DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah membuka wadah untuk anak muda agar aktif dan berpatisipasi dalam partai politik. Lewat Korps Komunitas Juang, anak muda dikader dan dididik sesuai ideologi Partai dan selalu berpihak pada wong cilik atau rakyat kecil.

Kader Komunitas Juang dibentuk agar anak muda mempunyai jiwa karakter, kompetensi, dan kapasitas, serta dipimpin ide, dihikmati ide, memikul ide, dan membumikan ide Bung Karno. Kader Komitas Juang digembala oleh Dewan Mentor dengan spirit dedication of life Bung Karno, yakni hidup yang didedikasikan untuk mengabdi pada tuhan, kepada tanah air, dan kepada bangsa.

Hal ini menjadikan pembeda antara kader Komunitas Juang dan kader lainnya. Terlebih bangsa ini rindu akan kehadiran anak muda dalam kancah perpolitikan. Jika melihat secara historis, Bung Karno membangun Partai Nasionalis Indonesia (PNI) di usia yang muda. Apalagi Bung Karno semakin keluar taringnya pada saat PNI berdiri. Pun Juga banyak tokoh bangsa ini yang di usia muda sudah bergelut dalam dunia partai politik.

Baca Juga :   Bupati Klaten Masa Bakti 2021-2026 Sampaikan Pidato Pertama

Kita tentu sepakat bahwa perubahan membutuhkan proses. Kalau ada pertanyaan proses politik bertumpu di mana, maka bisa dipastikan proses politik kita masih bertumpu di partai politik. Lewat Komunitas Juang, proses perubahan dimulai dan digerakan oleh anak muda untuk memperbaiki demokrasi dan membenahi segala sesuatu yang dibutuhkan di negeri ini.

Perubahan di masa yang akan datang tidak dapat dicapai tanpa proses menuju perubahan yang dimulai hari ini. kita tidak dapat mencapai titik pengaruh optimal tanpa menerabas masuk ke dalam akar-akar sistem. Maka dari itu, melalui tulisan ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk generasi muda berani memulai berproses di Komunitas Juang.

Penulis: Safii Mohamad

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here