Komunitas Juang Banyumas Gelar Khataman Al-Quran 30 Juz

0
Foto: Khataman Al-Qur'an 30 Juz

Kabupaten Banyumas – Dalam rangka meningkatkan religiusitas dalam diri, Komunitas Juang Kab. Banyumas menyelenggarakan syukuran khataman 30 juz Al- Quran dan buka puasa bersama. Giat ini untuk menghidupkan bulan suci Ramadhan dan membangkitkan optimisme di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri Jono, Kuntarto selaku Dosen Agama Islam di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto yang bertidak sebagai pengisi tausiyah, serta di hadiri kawan-kawan kader Komunitas Juang Kab. Banyumas, Senin (3/5/2021).

Foto: Syukuran dan Buka Bersama Setelah Khataman Al-Quran 30 Juz

Melihat situasi yang masih di masa pandemi dan tidak memungkinkan untuk berkumpul, khataman dilakukan dengan dua teknis, yaitu 29 juz berlangsung secara online atau virtual, adapun juz ke-30 dibaca bersama-sama sekaligus syukuran dan buka bersama.

“Ya, kami praktikan secara online dan membagi 29 juz kepada Korps melalui grup WA. Bagi kader yang sudah menyelesaikan bacaannya, lalu memberikan tanda centang biru pada daftar nama di grup WA, kemudian untuk juz ke-30 kita baca bersama-sama,” kata Nidia selaku ketua acara.

Lebih lanjut, Nidia menjelaskan, kegiatan ini juga mengajarkan tentang pentingnya menjalin tali silaturahmi dalam rangka melu memayu hayuning bawono. “Kita mempunyai semangat gotong-royong dalam merealisasikan program Komunitas Juang, artinya harus terdapat persatuan yang terjalin. Begitu juga ketika akan mengaktualisasikan visi dan misi Komunitas Juang, kita memerlukan sebuah sinergitas dari berbagai pihak,” imbuhnya.

Selain khataman 30 juz Al-Quran, giat ini juga diisi tausyiah oleh Kuntoro. Pihaknya sangat mengapresiasi terhadap eksistensi Komunitas Juang Kab. Banyumas. Dalam tausyiahnya, ia menjelaskan tentang kabahagiaan bagi orang yang berpuasa, yang mana tidak ada tandinganya dari kebahagiaan lainnya.

“Ada dua kabahagiaan bagi orang yang berpuasa, yaitu kebahagiaan ketika berbuka puasa setelah menahan nafsu, lapar, dan dahaga sehari penuh, serta kebahagiaan ketika menjumpai Allah di akhirat dengan  dimasukkannya kedalam surga-Nya,” kata Kuntoro.

Baca Juga :   Masan Hadiri Rakor Vidcon PAM Jelang Idul Fitri 1442 H

Diharapkan, untuk kedepannya dapat dilakukan di setiap saat pada hari baik dan meningkatkan hal positif pada setiap kader, serta berimplikasi terhadap peningkatan ilmu utamanya dari sisi religi dan spiritual.

Koresponden: Egar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here