Komitmen DPR untuk Evaluasi Bantuan Sosial Covid-19

0
397

Jakarta – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani, S.I.Kom menyatakan komitmen DPR dan Pemerintah untuk bersinergi melakukan pengawasan dan evaluasi pendistribusian Bantuan Sosial Covid-19 pada tiap wilayahnya, Selasa (23/6/2020).

Komitmen ini dinyatakan Puan Maharani ketika menghadiri penyerahan Bantuan Sosial Tunai di Desa Jayanti, Kec. Cikande, Kab. Tangerang untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Puan Maharani menghadiri penyerahan Bantuan Sosial Tunai di Desa Jayanti, Kabupaten Tangerang

“DPR RI berkomitmen untuk tetap melakukan pengawasan dan evaluasi masif atas bantuan sosial yang di berikan pemerintah selama 3 bulan ini. Tentang bagaimana mekanismenya dan siapa saja yang menerima, apakah penerima itu betul betul merasakan manfaatnya? Dipergunakan untuk apa?” ungkap Puan.

Acara penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilaksanakan di kantor Desa Cikande, Kec. Jayanti, Kab Tangerang turut dihadiri oleh Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, S.Pd., M.A.P dan Menteri Sosial Juliari P. Batubara, M.B.A.

Ketua DPR RI, Puan Maharani bersama Menko PMK, Muhadjir Effendy dan Mensos, Juliari P. Batubara

Puan menekankan agar bantuan Pemerintah itu tepat sasaran untuk diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu dan mempertahankan kelangsungan hidup tiap masyarakat di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

Salah satu yang disoroti Puan adalah mekanisme serta penentuan waktu pemberian bantuan. Puan mencontohkan untuk seharusnya terdapat penentuan tanggal pemberian bantuan pada tiap-tiap wilayah.

Puan Maharani menghadiri penyerahan Bantuan Sosial Tunai di Desa Jayanti, Kabupaten Tangerang

Sebagaiman ditambahkan oleh Puan, “Ini menjadi salah satu evaluasi yang nanti saya sampaikan kepada Pemerintah. Supaya itu untuk mengurangi penumpukan dan antrian yang tadi katanya bisa sampe 3 jam untuk pencairan bantuan tunainya,” tambahnya.

Puan turut menyoroti untuk masih perlunya sosialisasi lebih gencar, sehingga tanggal pembagian bantuan sosial yang awalnya tidak diketahui secara jelas oleh warga, untuk kedepannya dapat diketahui warga secara pasti.

Puan Maharani menghadiri penyerahan Bantuan Sosial Tunai di Desa Jayanti, Kabupaten Tangerang

Puan berpandangan bahwa penentuan tanggal ini merupakan hal dasar yang harus diketahui oleh tiap warga nya. Itu semua supaya masyarakat dapat tepat waktu untuk memperoleh dan menghindari adanya antrean Bansos yang terlalu masif. Karena ketika masyarakat dapat secara tertib datang ke titik pemberian Bansos di masing-masing wilayah, tentunya hal ini dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga :   dr. Messy Widiastuti Lakukan Giat di Desa Wisata Mangrove Pandansari Kaliwlingi Brebes

Masalah lain yang muncul dan menjadi sorotan adalah persoalan perbaikan data penerima bantuan. Oleh karenanya hal ini perlu untuk dilakukan evaluasi, dan Puan akan segera menyampaikan ini kepada Pemerintah. Harapannya, ketika ini cepat dilakukan evaluasi mendasar, pastinya sinkronisasi data akan segera mengalami perbaikan.

Beberapa persoalan dalam pemberian Bantuan Sosial Tunai ini diperoleh Ketua DPR RI Puan Maharani dalam dialog terbuka dengan warga penerima bantuan.

Oleh karenanya, menutup kegiatan siang itu, Puan berharap evaluasi nantinya dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah. Selanjutnya, pembagian Bansos pada bulan Juli-September dan seterusnya dapat berjalan lebih baik.

Editor: Saekhul Hana