Ketua Fraksi PDI Perjuangan Brebes Kritisi Pasar Tradisional yang Tak Layak

0
Ketua Fraksi PDI Perjuangan Brebes Muhammad Rizki Ubaidillah

Kabupaten Brebes – Ketua Fraksi PDI Perjuangan Brebes, Muhammad Rizki Ubaidillah menyoroti banyaknya pasar tradisional di Brebes yang dalam kondisi tak layak dan perlu direvitalisasi. Apalagi selama ini pasar tradisional menjadi tumpuan perekonomian masyarakat.

Ia menjelaskan, 70% pasar tradisional Brebes saat ini kondisinya kurang layak. Dari 26 Pasar Tradisional, hanya 30% Pasar yang layak. “70 persen pasar kita baik di wilayah Brebes utara, tengah, dan selatan, kondisinya tidak layak dan harus di revitalisasi total,” terang Mohammad Riski Ubaidillah, Jumat (29/10/2021).

Di sisi lain, pihaknya mendukung konsep rencana integrasi Pasar Kodim dan Pasar Induk yang berada jantung tengah Kota Brebes. “Meski tujuannya baik, namun ada cara yang lebih efektif dan efisien terkait hal itu. Pada prinsipnya perencanaan memang harus disiapkan dengan matang,” jelasnya.

Selain itu, keberadaan Pasar Induk Kota Brebes sudah tidak layak ditempati untuk aktivitas bisnis atau perdagangan. Selain bangunan yang mulai rusak dan lapuk, juga drainasenya tak berfungsi. Sehingga jika turun hujan kondisi pasar tergenangi air dan ada pula sampai banjir. Sehingga penataan pasarnya dilakukan dengan revitalisasi.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkomumdag) Maryono menjelaskan, “untuk revitalisasi pasar induk, kami sebenarnya sudah mengumpulkan dokumen-dokumen yang menjadi prasyarat bangunan. Anggarannya di Pemerintah Pusat sudah dialokasikan mencapai Rp. 150 milliar. Tapi kendalanya belum ada dokumen DED,” terangnya.

Lebih lanut, ia menjelaskan, bawha hingga kini belum adanya Detail Engineering Design (DED) sehingga menghambat rencana revitalisasi Pasar Induk yang terintegrasi dengan Pasar Kodim.

“Kita sudah usulkan anggaran untuk pembuatan DED-nya. Tapi belum ada realisasi dari Pemkab. Sehingga dokumen-dokumen untuk revitalisasi belum bisa diajukan ke pemerintah pusat untuk diverifikasi,” pungkasnya.

Baca Juga :   Paramitha Ajak Masyarakat Brebes Jaga Lingkungan dan Kelestarian Bumi

Revitalisasi Pasar Induk Brebes dapat membangkitkan perekonomian masyarakat Brebes. Dengan Konsep pasar di tata dengan semi modern, bersih dan nyaman akan menjadi magnet tersendiri untuk masyarakat Brebes maupun pengunjung luar Brebes.

Koresponden : Initial_Em

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here