Bupati Tiwi Serahkan Kartu Prakerja Kepada 132 Warga Terdampak Pandemi

0

Kabupaten Purbalingga – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, yang akrab disapa Tiwi, menyerahkan Kartu Prakerja kepada 132 warga yang terdampak Pandemi Covid-19. Dengan didampingi Ketua DPRD Purbalingga, HR Bambang Irawan, penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Pendapa Dipokusumo, Kamis (28/10/2021).

Dalam penyerahan tersebut, Bupati Tiwi mengatakan,”penerima Kartu Prakerja adalah warga yang belum tercover program serupa dari Pemerintah Pusat. Karena belum memiliki pekerjaan, mereka selanjutnya akan mendapatkan pelatihan keterampilan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Purbalingga,” tuturnya.

Bupati Tiwi, didampingi Ketua DPRD Purbalingga, HR Bambang Irawan dan Kepala Disnaker Purbalingga Edy Suryono menyerahkan Kartu Prakerja

Bupati Tiwi menambahkan, Pandemi menyebabkan banyak warga yang kehilangan pekerjaan. Maka dari itu, pihaknya memberikan solusi dengan program tersebut. Rencananya, program ini akan dilaksanakan setiap tahun.

“Para penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan pelatihan sektor industri dan sektor enterepreneur. Pelatihan akan dilaksanakan selama dua pekan. Selama mengikuti pelatihan, penerima Kartu Prakerja juga akan mendapatkan uang saku. Selain itu, setelah mengikuti pelatihan, penerima kartu Prakerja juga akan dibantu mendapatkan pekerjaan di perusahaan, serta membuka usaha sendiri,” imbuhnya.

Bupati Tiwi, yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPC PDI Perjuangan Purbalingga menambahkan, Program Kartu Prakerja merupakan program unggulan yang akan dilaksanakan setiap tahun. Program ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Purbalingga kepada warga yang belum memiliki pekerjaan. Tidak hanya itu, program ini juga merupakan upaya Tiwi, sebagai Kader Partai, sekaligus Kepala Daerah, untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Purbalingga.

Sementara itu, Kepala Disnaker Purbalingga, Edy Suryono mengungkapkan, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 500 juta untuk Program Kartu Prakerja. Disampaikan, dari 132 peserta, 112 peserta akan mengikuti pelatihan industri dan sisanya mengikuti pelatihan entrepreneur. Edy juga mengaku, Disnaker Purbalingga sudah bekerjasama dengan 4 perusahaan untuk menyalurkan peserta pelatihan Kartu Prakerja.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di Klaten Semakin Landai, Sri Mulyani: Klaten Layak Turun PPKM Level 1

Koresponden : Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here