Kerja Nyata Puan Atasi Pandemi

0
Ilustrasi, Kerja Nyata Puan Atasi Pandemi

Kota Semarang – Pandemi Covid-19 yang berlangsung di Indonesia dengan kurun waktu hampir 2 tahun ini, telah merangsak ke berbagai sektor kehidupan, baik di bidang kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan, dan sejumlah bidang lainnya. Sebagai ketua salah satu pilar demokrasi, Puan Maharani bertekad memulihkan sendi-sendi kehidupan yang terdampak pandemi.

Melalui berbagai kesempatan, Ketua DPR RI itu menegaskan agar penanganan pandemi tidak melenceng dari garis-garis kemanusiaan dan mengedepankan humanisme. Puan juga mengawasi setiap kebijakan yang diambil pemerintah dalam penanganan Covid-19. “Keselamatan masyarakat adalah hal utama. DPR RI mendukung penuh langkah pemerintah mengatasi pandemi ini. Semua kebijakan harus terukur, harus tegas. Yakinlah, kita pasti bisa melalui situasi darurat ini,” katanya (2/7/21).

Puan sadar betul, sebagai pimpinan di lembaga wakil rakyat, posisinya begitu penting juga disoroti banyak pihak. Oleh karenanya, konstitusi yang digetok ‘sah’ di DPR RI tidak boleh membungkungi rakyat. Begitu pula dalam memimpin lembaganya, tak akan berhenti melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kerja legislasi, pengawasan, dan anggaran. Hal ini diperjelasnya pada saat peringatan HUT ke-76 DPR RI.

“Tidak ada yang hal utama bagi DPR selain aspirasi rakyat. Di ulang tahun ke-76 ini, DPR akan terus berbenah diri dan terus belajar untuk mendengar, memahami dan menyalurkan aspirasi rakyat,” ujarnya lewat keterangan tertulisnya, (29/8/21).

Dalam merespons kebangkitan ekonomi dan meringankan beban kebutuhan, Cucu Sang Proklamator itu menyalurkan beragam bantuan untuk rakyat yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan itu seperti bingkisan paket sembako, penunjang protokol kesehatan, Alat Mesin Pertanian (Alsintan), serta bantuan lain sebagai penunjang kebangkitan ekonomi.

Di Kabupaten Sukoharjo memalui Bupati Etik Suryani, Puan membagikan sejumlah Alsintan kepada petani di sana. Menurut Etik, bantuan Alsintan ini dapat meningkatkan produksi tanaman pangan, mengingat sejauh ini, Sukoharjo merupakan penyangga pangan di Jawa Tengah, sehingga kontribusi produksi pangan diharapkan mampu untuk mencukupi kebutuhan pangan wilayah lain di luar Sukoharjo. “Saya berterima kasih dan mengapresiasi kepada Mbak Puan yang telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada petani di Sukoharjo,” ungkapnya.

Baca Juga :   Harganas 2021, Baguna Kebumen: Momentum Tingkatkan Proteksi Diri Hadapi Covid-19

Melalui kader PDI Perjuangan, sosok yang mendapat penghargaan gelar doktor kehormatan dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang itu, membagikan bingkisan paket sembako tidak hanya di Jawa Tengah sebagai titik Dapilnya di Senayan, tapi ke pelosok negeri sejauh tanah hamparan Indonesia. Langkah ini semata sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan hadirnya Ketua DPR RI.

Bantuan paket sembako dari Ketua DPP PDI Perjuangan itu disalurkan ke berbagai daerah. Seperti di Trenggalek, bantuan dari Puan disalurkan kader Partai kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman). Hal serupa juga berlangsung di DKI Jakarta, ratusan paket sembako diberikan kepada masyarakat kecil yang ekonominya terkena imbas pandemi Covid-19.

Tidak hanya itu, untuk mewujudkan herd immunity, Puan Mahari sebagai pimpinan legislatif tidak henti-hentinya menyumprit pemerintah agar ketersediaan vaksin di daerah segera merata dan tidak jomplang. Melalui aspirasinya, ia pun turut menyalurkan dosis vaksin agar akselerasi penerima vaksin merata. Seperti halnya pada HUT Kemerdekaan RI ke-76, Pemkab Klaten mendapat kado istimewa dari Puan Maharani berupa vaksin AstraZeneca yang diperuntukkan bagi masyarakat Klaten yang belum mendapatkan vaksin. Dengan begitu, percepatan vaksinasi di Klaten yang selama ini diupayakan penuh oleh Bupati Sri Mulyani dapat segera tercapai.

Sebagai seorang ibu, Puan juga menaruh perhatian serius terhadap kesejahteraan kaum hawa. Salah satu bentuk dengan memberikan bantuan kepada ibu hamil di sejumlah daerah. Di Klaten, Puan memberikan ratusan paket makanan tambahan untuk ibu hamil yang disalurkan melalui kader Partai yang ada di DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Atas berbagai bantuan yang diberikan Puan Maharani, banyak masyarakat yang merasa berterima kasih. Mereka mengaku terbantu dengan bantuan yang diberikan Puan lewat tangan-tangan para kader Partai dan relawan di lapangan.

Baca Juga :   Tak Kenal Lelah, Munawir Sempatkan Diri Beri Bantuan ke Masyarakat

Tim Editor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here