Kartini Masa Kini, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi

0
Foto: Poster Ucapan Hari Kartini oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi

Kabupaten Purbalingga – Semangat dan perjuangan Raden Ajeng (R.A) Kartini untuk menjunjung tinggi kaum perempuan patut ditiru. Sosoknya pun banyak menjadi inspirasi kaum hawa masa kini. Tak terkecuali Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

Semangat R.A Kartini ternyata dibawanya dalam kehidupan sehari-hari. Tajuk emansipasi dan kesetaraan kaum perempuan tak hanya menjadi kata-kata yang ramai dibicarakan setiap tanggal 21 April saja. Melainkan menyatu dalam aktivitas sehari-hari.

Ketika ditanya soal momentum Hari Kartini, Tiwi sapaan akrabnya itu mengungkapkan, “seorang sosok Kartini selalu berupaya keras mewujudkkan apa yang menjadi keinginan da cita-citanya. Semangat Kartini jelas menginspirasi. Sosok Kartini merupakan sosok seorang perempuan kuat. Kartini berhasil membuktikan bahwa wanita memiliki kesamaan dengan pria,” ungkapnya.

Semangat Kartini diwujudkan Dyah dalam memimpin Kab. Purbalingga. Bersama Wakil Bupati Purbalingga, H Sudono, ia sudah memprioritaskan beberapa hal prinsip. Bupati petahana ini langsung kembali fokus penanganan Covid-19 dan mendukung vaksinasi agar optimal. Karena PR vaksin juga harus disukseskan sesuai program Nasional.

“Kami mohon kesadaran dan dukungan semua elemen masyarakat,” tutur politisi PDI Perjuangan itu, Rabu (21/4/2021).

Adanya pandemi juga sangat berdampak pada merosotnya kondisi ekonomi masyarakat. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Sudah tentu, pemulihan ekonomi menjadi prioritas. Akan ada program khusus di bidang pertanian, UMKM, dan pariwisata. Oleh karena itu, secara bertahap perekonomian rakyat bisa meningkat.

“Saya juga harus menindaklanjuti penanganan bencana. Karena beberapa bulan terakhir ini Purbalingga dilanda bencana alam seperti banjir, longsor, dan tanah bergerak. Penanganan terkait bencana menjadi proritas dalam waktu dekat,” tambahnya.

Sedangkan di sektor infrastruktur sebagai sistem pendukung perekonomian daerah juga harus mendapatkan perhatian serius. Termasuk soal jalan rusak yang menjadi sorotan masyarakat di beberapa wilayah. Jalan rusak dan berlubang bertahap dilakukan pemeliharaan dan peningkatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Purbalingga.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Kabupaten Cilacap Basmi Covid-19

Dirinya juga telah berkomunikasi dengan beberapa kementerian untuk membantu pemulihan ekonomi melalui berbagai sektor, diantaranya pariwisata dan UMKM.

Koresponden : Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here