Kader Sukoharjo Siap Bersinergi Entaskan Masalah Stunting

0
Foto: Giat 'Bersama PDI Perjuangan Cegah Stunting' oleh DPC PDI Perjuangan Sukoharjo

Kabupaten Sukoharjo – Dalam rangka menyemarakkan HUT PDI Perjuangan Ke-50, DPC PDI Perjuangan Sukoharjo menggelar agenda dengan nama ‘Bersama PDI Perjuangan Cegah Stunting’ yang dilaksanakan di Gedung Salimah atau Joglo Wardhana, Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto. Adapun acara ini mengusung tema ‘Gizi Berimbang, Keluarga Sehat, Negara Kuat’, Senin (23/1/2023).

Tepatnya pada tanggal 10 Januari 2023, PDI Perjuangan genap beusia 50 Tahun. Pada HUT PDI Perjuangan kKe-50, Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri menyinggung soal masalah stunting. Ibu Ketum juga menyarankan seluruh DPD di seluruh provinsi serta DPC Kota/Kabupaten untuk dapat turun gunung, bahu-membahu membantu pemerintah dalam upaya penurunan angka stunting.

Foto: Kader Partai di Sukoharjo Ikuti Demo Masak

Atas dasar intruksi Ibu Ketum dalam sambutan saat acara HUT Partai di JIExpo Kemayoran pada 10 Januari 2023 lalu, DPC PDI Perjuangan Sukoharjo mengadakan acara untuk perayaan HUT Partai dengan memberikan judul acara ‘Bersama PDI Perjuangan Cegah Stunting’.

Hadir dalam acara ini di antaranya adalah Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Ketua DPRD Sukoharjo, Pengurus DPC Sukoharjo, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sukoharjo, KomandanTe Bintang Tiga Dapil Sukoharjo, KomandanTe Bintang Dua Sukoharjo, Ketua PAC se-Kabupaten Sukoharjo, Kader PDI Perjuangan Dapil V Sukoharjo, Kades se-Kecamatan Polokarto, Kader PKK Wonorejo Polokarto dan masyarakat Polokarto

Laporan kegiatan disampaikan oleh Sekretaris DPC Sukoharjo, Nurjayanto. Ia menyampaikan dasar-dasar pelaksanaan kegiatan dan mengucapkan terima kasih kepada Etik Suryani atas terselenggaranya acara.

“Terima kasih Ibu Bupati, Ibu Etik Suryani yang sudah memfasilitasi sepenuhnya atas terselenggaranya acara ini,” tuturnya.

Selain itu, Nurjayanto juga menyampaikan pembangunan di Sukoharjo yang luar biasa dan kepedulian bupati atas stunting yang ada di Sukoharjo.

Baca Juga :   Mas Hendi Upayakan Hotel Bersejarah di Semarang Hidup Kembali

“Semuanya saja yang hadir di sini, Kader PDI Perjuangan dan Kader PKK perlu saya sampaikan, 2024 nanti mari kita lanjutkan Ibu Etik menjadi bupati lagi. Beliau sangat peduli dalam hal apapun, turun ke bawah langsung mendengarkan keluh kesah masyarakat, itu Bu Etik,” terang Nurjayanto.

Adapun dalam sambutannya, Kader Perempuan PDI Perjuangan yang juga bupati perempuan pertama Sukoharjo mengucapkan selamat atas terselenggaranya HUT Ke50 untuk PDI Perjuangan dan HUT Ke-76 untuk Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri.

Foto: Bupati Sukoharjo, Etik Suryani Memberikan Sambutan

“Selamat ulang tahun untuk PDI Perjuangan yang ke-50 dan Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati yang ke 76, semoga PDI Perjuangan semakin dicintai rakyat,” ucap Etik Suryani.

Sesuai arahan Ibu Ketua Umum, momen HUT PDI Perjuangan kali ini, lanjut Etik Suryani, para kepala daerah harus turun langsung ke masyarakat mensosialisasikan pencegahan stunting. Ia menjelaskan bahwa Sukoharjo sudah mencanangkan ‘Pil Cantik’ untuk ibu-ibu dan ‘Pil Pintar’ untuk anak-anak sekolah.

Dalam kesempatan ini pula Etik Suryani menyampaikan jika PKK harus aktif mengajak ibu-ibu hamil ke Posyandu untuk memastikan perkembangan bayi sehat.

“Itu ibu-ibu PKK harus aktif, ajak ibu hamil atau yang punya balita ke Posyandu dan saya berharap ibu dan anak sehat, gelorakan menanam sayuran dan buah-buahan di tanah sendiri, gunakan lahan sekecil apapun untuk menanam sayuran,” terangmya.

Penegasan upaya pencegahan stunting juga disampaikan oleh Etik Suryani kepada jajaran Kepala Desa Wonorejo.

“Pak Kades, tidak hanya seremonial, tapi harus dikembangkan, jangan anggap sepele masalah stunting,” tuturnya

Ia juga merespon permintaan Kades untuk perbaikan jalan yang rusak. Etik Suryani langsung memerintahkan DPUPR Sukoharjo untuk survei dan segera melaporkan untuk ditindak-lanjuti.

Baca Juga :   Bupati Yuni: Semua Akses Layanan Kepemerintahan Sragen Wajib Tunjukan Kartu Vaksin

“Pak kepala PU segera itu ditindak-lanjuti, koordinasi dengan Pak Kades Wonorejo”, tegas Etik Suryani

Terakhir, Etik Suryani juga membahas terkait dengan kegiatan elektoral Partai di Sukoharjo, utamanya dalam hal target kursi legislatif yang harus diwujudkan.

“Ketua DPC, Pak Wardoyo punya target 29 kursi, mari bersama-sama membesarkan PDI Perjuangan untuk pembangunan Sukoharjo yang lebih makmur lagi,” pungkasnya.

Koresponden : Sony

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here