Kader Komunitas Juang Wonosobo Mengembangkan Pemberdayaan Ikan

1
Foto: Kader Komunitas Juang Kab. Wonosobo, Mohamad Achsin Muzaqi

Kabupaten Wonosobo – Kader Komunitas Juang Kab. Wonosobo, Mohamad Achsin Muzaqi, yang tinggal di Desa Kejiwan, Kec. Wonosobo, memiliki tekad kuat untuk membangun kemandirian ekonomi di bidang perikanan, Rabu (24/2/21).

Karena daerah tempat tinggalnya di lereng gunung, serta potensi yang dimiliki Desanya cukup bagus, hal ini dimanfaatkan oleh Mohamad Achsin Muzaqi dan pamannya untuk mengembangkan lahan peternakan ikan di Desanya.

Foto: Mohamad Achsin Muzaqi Memberi Makan Ikan di Kolam

“Kebetulan paman saya memiliki lahan yang dibuat untuk kolam peternakan, serta beberapa kolam yang dimiliki tidak di gunakan, dari situlah saya berinisiatif untuk mengembangkan kolam yang tidak digunakan untuk saya kasih bibit ikan, alhamdulillah bisa menghasilkan bibit ikan yang besar,” ujar Mohamad Achsin Muzaqi.

Lebih lanjut, Mohamad Achsin Muzaqi menambahkan, “untuk pendanaan di awal pembibitan kolam, tidak bisa dipastikan, saya menyisihkan uang sekitar 3 juta dan saya beli bibit ikan dan pakan ikan, kemudian dalam waktu 3 bulan saya bisa memanen ikan. Alhamdulillah menjadi pengahasilan dan bisa menjadi kebutuhan keseharian, serta bisa meneruskan usaha pembesaran ikan,” tambahnya.

Mohamad Achsin Muzaqi juga menerangkan tentang alokasi biaya perkolam yang di kelolanya. “Dari kolam yang di gunakan untuk pembesaran ikan, memang tidak menghasilkan keuntungan secara pasti, namun hasil yang sudah diperoleh dalam kapasitas kolam yang di gunakan 5×7 m2 dapat menghasilkan keuntungan kurang lebih 1,5 sampai 2 juta selama 3 bulan atau masa panen.

Koresponden: Hildan

Baca Juga :   Tim Pemenangan dan Relawan Sri-Bambang Laksanakan Konsolidasi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here