Kader Komunitas Juang Karanganyar Ajak Pemuda Inovatif Hadapi Pandemi

0

Kabupaten Karanganyar – Pandemi Covid-19 masih menimbulkan persoalan di tengah masyarakat. Kebijakan Pemerintah untuk menekan laju Covid-19 dengan PPKM, tentunya demi kebaikan masyarakat Indonesia. Memutar otak agar dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, salah satu Kader Komunitas Juang Karanganyar, KJ Dian Setia Utama mengajak para pemuda di lingkungannya, untuk membuat kandang ayam dari bambu.

Kemampuannya dalam mengolah limbah bambu dia dapatkan secara spontanitas, karena rasa empati terhadap rekan-rekan pemuda yang sementara waktu tidak bisa bekerja. KJ Dian memanfaatkan sisa bambu dari para perajin perabotan rumah tangga. Sebab, harganya juga lebih murah, dibandingkan menebang langsung dari kebun.

KJ Dian mengungkapkan, kelompok usaha tersebut diberi nama “Semangat Juang”. Nama itu dipakai, untuk memotivasi semua anggota, agar terus semangat dan survive dalam kondisi Pandemi seperti ini. Dengan tekad yang tangguh dan pemasaran yang luas, kelompok usaha tersebut terkadang susah memenuhi permintaan pelanggan.

“PR kita dalam mengelola usaha bersama ini agar kebutuhan pasar terpenuhi. Saya tidak menyangka, antusias masyarakat sebesar ini terhadap produk dari ‘Semangat Juang’,” ungkapnya.

KJ Dian berharap, UMKM ini dapat naik kelas dan berani bersaing dengan pasar yang lebih luas, baik dari e-commerce, maupun jual beli secara langsung. Menurutnya, semuanya mempunyai hak yang sama. Maka dari itu, dirinya mengajak semua anggota untuk bergotong royong dalam mendukung gerakan UMKM, agar naik kelas.

Koresponden : Rindu

Baca Juga :   Sri Sumarni Tegaskan, Camat Seluruh Grobogan Agar Ikut Andil Pengendalian Virus Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here