Bangun Pendidikan Politik, Slamet Gelar Talkshow bersama Mahasiswa/i IAIN Kudus

0
Foto: Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet bersama teman-teman mahasiswa/i Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus)

Kabupaten Demak – Membangun pondasi berpolitik secara kuat dan tepat diaktualisasikan oleh Ketua DPRD Kab. Demak, Fahrudin Bisri Slamet dengan menggandeng teman-teman mahasiswa/i Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus), Kamis (02/09/2021).

Diketahui, para mahasiswa/i dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Prodi Pemikiran Politik Islam tersebut sedang menjalankan tugas dari kampusnya, yaitu program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekretariat DPRD Kab. Demak.

Foto: Paparan oleh Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet

Bertempat di Gedung DPRD Demak, di dalam rangka membangun konstruksi berpikirnya itu, Slamet mengadakan talkshow bersama mereka. Mengangkat tema “Peran DPRD dalam mewujudkan e-government dan smart city di Kab. Demak” adalah muatan menarik yang diulasnya.

“DPRD Kab. Demak merupakan penyelenggara Pemerintahan Daerah bersama Bupati. Peran DPRD dalam mewujudkan e-government dan Demak Smart City dengan menerapkan 3 fungsi DPRD, yaitu Pengawasan (melalui komisi-komisi), Penganggaran (melalui Badan Anggaran) dan Legislasi (melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah),” papar Slamet yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Demak.

Dijelaskan juga oleh Slamet, bahwa Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan salah satu produk hukum dan dibentuk oleh DPRD bersama Bupati dalam rangka mewujudkan e-government dan Demak Smart City.

Foto: Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet

“Fiber optik merupakan salah satu penunjang untuk mewujudkan e-government dan Demak Smart City. Jika pengadaan fiber optik sepenuhnya dibebankan APBD tentu tidak akan mencukupi karena membutuhkan biaya yang terlalu besar. Oleh karena itu harapan kami para pengusaha yang ada di Kab. Demak mau menanamkan modal untuk fiber optik di Kab. Demak,” sambungnya.

Selain itu, e-government dan Demak Smart City diharapkan mampu untuk mempermudah koordinasi tata kelola pemerintahan, yaitu salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang kini berkembang dengan begitu pesatnya.

Baca Juga :   Tatiek: Wujud Harmonisasi Progresivitas Legislatif dan Eksekutif

“Saya berharap ilmu yang didapat di kampus dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga ilmu tersebut tidak hanya berguna bagi dirinya sendiri, tetapi juga berguna bagi orang lain,” tandasnya.

Koresponden : Hana – Rahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here