Kader Komunitas Juang Jepara Berdayakan Limbah Kayu

0
258

Kabupaten Jepara – Wujud kemandirian ekonomi salah satu kader Komunitas Juang Kab. Jepara, yakni KJ Muhammad Rizky Ardiansyah yang sekaligus Koordinator Komunitas Juang Kab. Jepara ini menekuni bidang industri kreatif dengan memanfaatkan limbah kayu menjadi jam tangan, Senin (13/7/2020).

Rian, sapaan akrabnya ini memulai usaha produksi jam tangan sejak Juni tahun lalu. Dalam mengawali karir ini pun berawal ketika dirinya menjadi salah karyawan di Pabrik Meubel Kab. Jepara.

JAMTANGANKAYU.CO sudah tidak asing lagi di telinga warga Jepara. Pasalnya, Rian menjual produk ini dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp. 300.000 – Rp. 600.000. Selain itu, dengan segala kerumitan dan ketelitian, dirinya merasa senang dapat menukuni usaha ini.

Di waktu senggang pekerjaannya, Rian juga menempuh pendidikan di Universitas Nahdlatul Ulama Jepara (Unisnu) dan mengambil prodi desain produk.

“Saya senang sekali mempunyai usaha ini, dengan memanfaatkan limbah kayu yang tidak terpakai bisa menjadi nilai jual tinggi. Sembari mengembangkan Industri Kreatif Kayu di Kab. Jepara, saya juga berharap agar masyarakat tidak membuang limbah dan bisa di jadikan produk yang memiliki nilai jual,” ungkap Rian.

Selain Kayu Jati, jam tangan produksinya juga menggunakan Kayu Sono Keling, Pinus, Nangka dan sebagainya. Kemudian yang unik, pada setiap bahan kayu ini mempunyai karakteristik berbeda. Selain limbah kayu, dirinya juga memanfaatkan limbah kulit tekstil sebagai tali strap jam tangan. Dalam memasarkan produk jam tangan kayu, dirinya memanfaatkan Online Shop hingga Instagram dan Facebook.

Produknya juga sudah di pesan oleh Wakabid Kaderisasi dan Rekrutmen DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sofwan D. Ardyanto sebagai apresiasi hasil produknya. Selain itu, produknya juga bisa di pesan sesuai permintaan pembeli.

Baca Juga :   Komunitas Juang Kab. Kudus Bagikan 500 Takjil

Koresponden   : Agus Budianto