Kader Banteng Sidayu Bangun Usaha Air Minum

0

Kabupaten Cilacap – Air minum dalam kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan, karena setiap harinya manusia pasti membutuhkan asupan air di dalam tubuhnya. Hal itulah yang difikirkan Wartin Yusuf Hariyanto, Ketua Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Sidayu, Kecamatan Binangun, untuk membuka usaha air minum isi ulang dalam kemasan galon. Wartin membangun usahanya mulai dari nol, yang berawal dari menawarkan air minum milik temannya kepada konsumen, hingga dirinya berfikir untuk membuka sendiri usaha air minum isi ulang tersebut.

Wartin menceritakan, awalnya, saat membuka depot diberi 50 galon. Kemudian sedikit demi sedikit, dirinya bisa membeli galon sendiri, hingga saat ini Wartin memiliki sekitar 2000 galon yang tersebar kepada pelanggan.

“Saya mempelajari tentang air minum, mulai dari air mentah, diolah, disaring dengan filter, hingga uji kelayakan untuk dikonsumsi. Sementara, untuk uji kelayakan, saya serahkan kepada Dinas Kesehatan untuk diuji laboratorium. Hal itu saya lakukan setiap 6 bulan sekali,” ujarnya.

Wartin menambahkan, Kab. Cilacap terdapat assosiasi para pengusaha yang bergerak di bidang air minum, yang diberi nama, Assosiasi Pengusaha Depot Air Minum (Aspada). Dalam assosiasi tersebut, Wartin ditunjuk sebagai sekretaris.

“Kami memiliki perkumpulan antar sesama pengusaha air minum. Tujuannya agar lebih terkontrol penjualannya, sehingga tidak ada persaingan dagang antar sesama anggota Aspada. Selain itu, juga untuk mempererat tali silaturahmi,” tutupnya.

Koresponden : Arsend

Baca Juga :   Pengadaan Jalur Khusus Sepeda di Kabupaten Klaten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here