Kader Banteng Klaten Utara Tekuni Budidaya Burung Merpati Balap

0

Kabupaten Klaten – Wakil Ketua PAC PDI Perjuangan Klaten Utara, Danang Kristianto yang berdomisili di Desa Belang Wetan, memanfaatkan Burung Merpati balap, sebagai sumber kehidupan untuk menafkahi keluarganya.

Danang Kristanto yang sejak tahun 2002, membudidayakan burung merpati balap mengatakan, keunggulan dari Burung Merpati tidak hanya dipelihara, sebagai satwa kesayangan, namun burung ini juga telah dimanfaatkan untuk menghasilkan penghasilan materi, apabila pemeliharaannya dilakukan secara sungguh-sungguh.

Burung Merpati balap hasil budidaya Danang Kristanto

“Budidaya Burung Merpati balap yang awalnya hanya bersifat hobi, dapat ditingkatkan menjadi hobi menguntungkan yang dapat menambah penghasilan keluarga, apabila di tekuni secara sungguh-sungguh,” ujarnya.

Danang Kristanto menambahkan, harga dari seekor atau sepasang merpati balap bervariasi. Burung merpati jantan dewasa yang mempunyai kualitas terbang, bisa mencapai 300-700 ribu rupiah per ekor, bahkan lebih. Sedangkan, Burung Merpati balap sepasang bisa mencapai 800- 2 juta rupiah.

“Burung Merpati balap dapat juga digunakan sebagai game atau performing breed, terdapat dua macam, yaitu terbang datar dan terbang tinggi. Burung merpati terbang datar dinikmati penggemar dari atraksi adu kecepatan pejantan, dengan jarak tertentu menuju jokinya. Untuk saat ini, cara pemeliharaan burung ini masih bersifat tradisional dan setiap hari saya latih agar dapat terbang berkualitas baik. Saya berharap, semoga PDI Perjuangan Kab. Klaten semakin solid dan jaya,” pungkasnya.

Koresponden : Wawan

Baca Juga :   Komunitas Juang Kota Tegal Gelar Simulasi Upacara Bendera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here