Ikuti Virtual Launching Sistem Peringatan Dini Bencana, Arif Nugroho: Upaya Bersama Dalam Menghadapi Potensi Bencana

0

Kabupaten Klaten – Wakil Sektetaris Bidang Eksternal DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten, Arif Nugroho mengikuti Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami secara virtual yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPP PDI Perjuangan. Kegiatan tersebut diikuti oleh Arif Nugroho dari Kantor DPC PDI Perjuangan Kab. Klaten.

Dalam acara tersebut, turut hadir diantaranya, Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof. DR. (H.C) Hj. Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, beserta jajaran DPP PDI Perjuangan lainnya. Selain itu, hadir pula Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dan juga Kepala BNPP, Marsekal Madya Henri Alfiandi.

Arif Nugroho mengikuti virtual Launching Sistem Peringatan Dini Bencana

Arif Nugroho menyampaikan, dalam acara Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami tersebut, Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri meresmikan Sistem Peringatan Dini Multi Bahaya Geo-Hidrometeorologi. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan upaya bersama dalam menghadapi segala potensi bencana di Indonesia.

“Sistem Peringatan Dini Multi Bahaya Geo-Hidrometeorologi tersebut terintegrasi dengan BMKG, dan juga seluruh daerah se-Indonesia, termasuk Kab. Klaten tentunya. DPP PDI Perjuangan meminta kepada Kader PDI Perjuangan di daerah, untuk membangun sistem peringatan ini, sesuai konteks kemampuan di wilayahnya masing-masing,” tuturnya.

Dengan sistem tersebut, diharapkan nantinya apabila akan terjadi gempa bumi, maupun tsunami, bisa dideteksi lebih awal dan lebih cepat diketahui oleh masyarakat. Tentunya, masyarakat juga bisa bersiap-siap dan tidak terjadi kepanikan. Selain itu, juga untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa. Peringatan dini bencana ini bisa segera disebarluaskan dengan menggunakan alarm, maupun kentongan.

Koresponden : Wawan

Baca Juga :   Saiful Hadi Ajak Cinta Agama, Bangsa, dan Toleransi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here